Saat ini, ada banyak contoh desain nota dengan berbagai model desain serta isi yang berbeda-beda. Isinya di sesuaikan dengan kebutuhan setiap orang atau perusahaan. Meskipun memiliki desain yang berbeda fungsi nota penjualan tetaplah sama yaitu sebagai bukti transaksi. Pada umumnya nota terdiri dari 2 lembar yang digunakan sebagai bukti untuk pembeli serta pemilik. Meski hanya berupa sebuah kertas kecil, nota sangat berperan penting dalam laporan keuangan sebuah perusahaan besar ataupun bisnis UMKM. Selain itu penggunaan desain nota yang baik akan menjadi salah satu strategi pemasaran serta memberikan kesan professional dalam menjalankan usaha. Berikut beberapa contoh desain nota penjualan barang yang keren dan menarik.

 

Nota Penjualan Toko Komputer

Nota Penjualan Untuk Bisnis Toko Komputer
Download Nota Disini

Contoh nota yang pertama dalah nota yang dipakai dalam usaha jasa seperti service computer. UntukĀ  desain nota toko komputer ini Anda bisa menggunakan logo usaha pada bagian atas desain nota, lalu Anda dapat menambahkan informasi detail tentang alamat toko, sosial media, email dan nomor telepon pada bagian kiri atas. Pada bagian kanan bisa ditambahkan tanggal beserta nama pelanggan. Untuk bagian rinciannya bisa menggunakan kolom-kolom yang sesuai dan pada bagian keterangan gunakan warna dasar yang sama dengan logo usaha. Untuk bagian bawah sertakan keterangan tambahan dan tanda tangan pembeli dan pemilik toko.

 

Nota Rumah Makan Dan Restaurant

Nota Untuk Bisnis Rumah makan dan Restaurant
Download Nota Disini

Nota berikutnya adalah nota yang digunakan untuk keperluan usaha rumah makan. Untuk nota jenis ini biasanya ukuran yang digunakan lebih besar atau memanjang, tergantung menu yang tersedia dalam rumah makan. Sebagai contoh adalah nota penjualan Barang untuk rumah makan bakso. Bagian atas seperti pada umumnya digunakan untuk bagian logo dan alamat usaha, lalu pada bagian bawahnya bisa digunakan untuk meletakan nomer nota, nomer meja serta nama pelanggan. Bagian tengah nota adalah tempat meletakan kolom menu-menu, jumlah pesanan, harga menu serta total harga. Jangan lupa untuk meletakan tanda tangan pelanggan dan pemilik pada bagian bawah nota.

 

Nota Penjualan Barang Untuk Cafe

Nota Cafe
Download Nota Disini

Berikutnya adalah nota yang digunakan untuk usaha Cafe atau minuman dessert. Untuk usaha jenis ini, Bisa menggunakan desain dengan campuran warna yang lebih bervarisi seperti hijau dan merah muda. seperti biasa pada bagian atas adalah tempat untuk meletakan logo usaha dan informasi usaha. Jangan lupa untuk menuliskan semua menu cafe pada bagian tengah. Supaya pelanggan anda balik lagi, anda bisa menambahkan promo promo menarik pada bagian paling bawah desain nota penjualan barang.

 

Nota Usaha Laundry

Usaha Laundry
Download Nota Disini

Laundry adalah usaha yang telah sangat populer, usaha ini juga membutuhkan nota penjualan. Nota penjualan laundry biasanya di desain dengan simple. Anda cukup memasukan logo usaha dan informasi usaha dibagian atas, dan informasi syarat dan ketentuan pada bagian bawah. Untuk bagian Tengah, tambahkan tabel keterangan simple untuk menulis nama barang, berat dan harga. Nota Penjualan untuk jenis usaha laundry tidak membutuhkan ukuran yang besar dikarenakan tidak memiliki menu yang panjang.

 

Nota Penjualan Toko Kacamata / Optik

Nota Penjualan Toko Kaca Mata atau Optik
Download Nota Disini

Desain nota penjualan toko kaca mata memiliki informasi yang lebih rumit, oleh karena itu membutuhkan ukuran nota yang lebih besar. Layout yang effisien sangat diperlukan pada saat mendesain, informasi penting seperti logo, kolom informasi, data pelanggan, kondisi mata dan pesanan khusus harus di masukan sehingga tidak terjadi kesalahan dalam membuat kaca mata untuk pelanggan Anda.

 

Nota Penjualan Untuk Toko Ikan Hias

Nota Penjualan Toko Ikan Hias
Download Nota Disini

Nota penjualan barang adalah kebutuhan untuk setiap usaha UMKM, toko ikan hias adalah salah satu bisnis yang juga membutuhkan nota ketika bertransaksi dengan pelanggan. Untuk memberikan kesan berbeda dengan bisnis lainnya, Anda dapat menambahkan gambar ikan. Tentu saja informasi penting bisnis harus di tambahkan seperti desain nota pada umumnya.

 

Nota Penjualan Barang Bisnis Kuliner

Nota penjualan Barang Untuk Bisnis Kuliner
Download Nota Disini

Sungguh senang untuk makan di warung, selain makanannya yang nikmat, harga makanan juga sangat bersaing. Ketika melakukan pembayaran, tentu saja Anda membutuhkan nota penjualan sehingga bisa membagi biaya makan dengan teman. Desain nota penjualan untuk warung sangat simple dan biasanya tidak terdapat logo usaha. Dikarenakan desainnya yang minimalis, semua informasi penjualan ditulis secara manual pada bagian tengah nota.

 

Nota Penjualan untuk Bisnis Bengkel Mobil Dan Motor

Nota Penjualan Bisnis Bengkel Mobil dan Motor
Download Nota Disini

Contoh berikutnya adalah nota penjualan barang untuk bisnis bengkel mobil dan motor yang menyediakan berbagai jenis barang dan jasa. Anda bisa menggunakan desain nota yang simpel namun padat dan jelas. Seperti desain nota minimalis sebelumnya, bagian atas nota adalah tempat untuk meletakan logo dan informasi usaha. dan informasi tambahan bisa diletakan pada bagian bawah.

 

Nota Penjualan Barang Toko Roti

Nota Penjualan Barang Toko Roti
Download Nota Disini

Desain nota berikutnya ditujukan untuk toko roti. Biasanya desain nota untuk toko roti menggunakan warna warna soft seperti warna pastel. Informasi usaha untuk toko roti banyak menggunakan icon sehinga terlihat simple. Logo, dan informasi usaha penting untuk di masukan sehingga pelanggan mudah untuk mencari toko anda di website dan di sosial media.

 

Nota Penjualan Toko baju

Nota Penjualan Toko Baju
Download Nota Disini

Contoh yang terakhir adalah desain nota penjualan barang untuk toko baju. Untuk nota ini, anda bisa memakai warna desain yang selaras dengan logo dan tambahkan juga informasi usaha anda seperti alamat, website dan sosial media sehingga pelanggan anda selalu terupdate dengan baju baju baru toko. Untuk meningkatkan pelayanan usaha toko baju Anda, bisa di tambahkan informasi rekening usaha untuk pelanggan yang ingin membeli secara online.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here