Bagi anak-anak, mainan adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kesehariannya. Selain jadi aktivitas yang menyenangkan untuk anak, bermain juga dapat membantu anak mengembangkan kreativitas, kemampuan sensorik serta motoriknya. Tidak heran jika dari waktu ke waktu, usaha mainan anak tidak pernah meredup, malah semakin berkembang pesat.

Karena peluang yang besar inilah, usaha mainan anak semakin menggiurkan dan memunculkan banyak pengusaha baru bermunculan. Semakin banyaknya variasi produk hingga kemudahan pemasaran yang dapat dilakukan secara offline maupun online, keuntungan yang didapat bisa semakin besar.

Untuk Anda yang ingin terjun ke bisnis serupa, selain memperhatikan pergerakan tren, ada beberapa jenis mainan yang selalu diminati. Simak 10 varian produk yang bisa Anda pilih agar bisnis mainan Anda tumbuh pesat dengan omzet besar berikut ini!

Baca Juga: Simak Tips Sukses Membeli Barang Dari China Untuk Jualan

 

1. Mainan edukatif

Salah satu tujuan orang tua memberikan mainan pada anaknya selain untuk bersenang-senang juga untuk belajar. Produk semacam ini dapat membantu anak mengembangkan saraf sensorik dan motoriknya.

Mainan edukatif seperti puzzle, balok susun hingga flash card umumnya dapat dengan mudah diproduksi sendiri. Kalau tidak ingin repot membuat, ada banyak supplier mainan edukatif yang bisa Anda temukan secara offline maupun online. Modal untuk menjadi reseller pun cukup terjangkau.

 

2. Menjual mainan bertema profesi

Banyak anak-anak belajar menemukan cita-cita dari mainan yang dipilihnya sejak kecil. Ini juga merupakan salah satu bentuk edukasi. Sebagai pengusaha, mainan-mainan bertema profesi seperti perlengkapan dokter cilik, perlengkapan pertukangan atau alat musik tiruan adalah produk yang sangat menjanjikan untuk dijual.

 

3. Boneka

Dari zaman dulu hingga hari ini, boneka masih menjadi mainan yang banyak disukai anak-anak perempuan. Materialnya pun beragam, mulai dari plastik hingga kain. Anda bisa memilih produk dengan harga yang sesuai dengan target pasar.

Salah satu kunci penting agar mainan boneka Anda terjual laris adalah dengan mengetahui tren yang sedang berkembang. Selera boneka anak-anak biasanya bermusim, sesuai dengan apa yang sedang ramai dibicarakan. Pilihlah produk yang sedang populer agar mudah terjual.

 

4. Mainan remote control

Mainan remote control juga bisa menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan. Selain jenis mainannya yang beragam mulai dari mobil-mobilan, pesawat-pesawatan hingga drone, menjual mainan dengan remote control ini bisa menciptakan tren sendiri. Terlebih mainan-mainan RC ini tidak seru jika dimainkan sendirian. Ini adalah peluang emas, terutama untuk Anda yang tinggal di daerah di mana mainan RC ini belum populer. Mainan ini bisa jadi tren yang pasti membuat dagangan Anda laris manis.

Selain diperjualbelikan, mainan RC juga bisa disewakan. Saat ini ada banyak mobil-mobilan remote control yang bisa dikendarai anak-anak. Anda tinggal memilih kawasan yang ramai, membeli beberapa unit untuk disewakan. Hanya dalam waktu beberapa bulan saja, usaha Anda dijamin akan menguntungkan. 

 

5. Mainan Mobil-mobilan

Jika anak perempuan lekat dengan boneka, maka anak laki-laki tidak bisa lepas dari mobil-mobilan. Saat bermain dengan mobil-mobilan, anak akan dilatih kemampuan kognisinya termasuk mempelajari hubungan sebab akibat jika mobil yang dimainkan tergelincir di jalan. Anak juga bisa belajar mengenali bagian-bagian dasar mobil.

Ada banyak sekali varian mobil-mobilan yang bisa Anda jual di toko. Baik dari segi tipe kendaraan hingga materialnya. Modal untuk mulai menjual mainan ini juga tidak besar dan masa pengembalian modalnya juga cenderung singkat. Yang terpenting adalah jangan pernah lelah untuk berpromosi memperkenalkan produk Anda kepada orang-orang di sekitar.

 

6. Menjual mainan musiman

Dalam beberapa tahun ke belakang, Anda pasti bisa melihat bagaimana mainan anak-anak berkembang jadi sebuah tren. Saking populernya, beberapa jenis produk ini tidak hanya diincar oleh anak-anak saja tapi juga orang dewasa. Sebut saja slime dan squishy. Kedua mainan ini sangat populer di semua kalangan usia.

Meskipun hanya bersifat musiman, penjualan kedua mainan ini bisa dibilang sangat fantastis dan menguntungkan. Apalagi kalau di sekitar Anda belum ada toko yang menjualnya. Dengan rajin memeriksa tren di internet, Anda bisa jadi yang pertama menjual mainan musiman dan mendapatkan keuntungan besar dari sana.

 

7. Action figure

Action figure alias versi mini dari tokoh-tokoh populer juga merupakan pilihan mainan yang tidak hanya digemari oleh anak-anak tapi juga orang dewasa. Bagi anak-anak memiliki action figure dari tokoh idolanya akan membuat mereka merasa senang.  Tidak heran jika produk satu ini termasuk salah satu pilihan mainan yang selalu diincar anak-anak.

Action figure biasanya memiliki rentang kualitas yang beragam. Ada produk official yang dirilis langsung oleh perusahaan terkait (misalnya saja miniatur Iron Man dan Captain America yang dijual Marvel), ada juga produk non-official yang dijual dengan harga lebih miring. Anda bisa memilih produk mana yang kira-kira sesuai dengan target pasar agar dagangan Anda bisa laku cepat dan mendatangkan banyak keuntungan.

 

8. Mainan Anak Lego

Lego atau balok susun juga merupakan salah satu mainan yang sudah populer sejak lama. Berdasarkan sebuah hasil survei yang melibatkan 2.000 pakar mainan anak, Lego dianggap sebagai mainan terbaik sepanjang masa. 

Lego dianggap memiliki kombinasi yang sempurna antara keseruan bermain dan kreativitas. Meskipun harganya cukup mahal, namun tren lego tidak pernah surut hingga saat ini. Jika Anda ingin membuka usaha mainan anak, tidak ada salahnya memasukkan Lego sebagai salah satu produk yang dijual.

 

9. Jam Tangan Anak Bertema Superhero

Jam tangan bukanlah sekadar produk fashion. Terutama bagi anak-anak yang mengenakannya. Alih-alih sekadar digunakan untuk melihat waktu, jam tangan dengan bentuk dan fungsi unik banyak dicari oleh anak-anak. Salah satunya adalah yang bertema superhero.

Bukan rahasia lagi kalau anak-anak yang senang dengan tokoh superhero tertentu, pasti akan merasa senang menggunakan barang-barang yang berhubungan dengan jagoan kesukaannya. Beberapa produk jam tangan superhero yang ada di pasaran bahkan bisa diubah jadi mainan robot-robotan. Untuk Anda yang ingin menjual produk jam tangan superhero anak, sebaiknya pilih karakter yang sedang tren agar dagangan laris manis.

 

10. Menjual mainan tradisional

Di tengah maraknya permainan canggih, mainan modern ternyata masih memiliki tempat tersendiri bagi anak-anak. Layang-layang, congkak hingga bola bekel masih cukup digemari. Terutama oleh anak-anak yang tinggal di wilayah yang jauh dari kota. 

Untuk menjual produk mainan tradisional, Anda harus pintar membaca musim. Layangan misalnya, banyak dicari ketika kemarau tiba dan angin sedang kencang. Juallah produk dengan desain unik dan menarik agar anak-anak berminat membeli dagangan Anda.

 

Banyak orang merasa cemas saat memutuskan membuka usaha mainan anak. Penggunaan gadget yang semakin meluas di kalangan anak-anak dianggap mampu ‘membunuh’ pasar. Namun hingga saat ini terbukti, bisnis penjualan mainan tidak pernah meredup. Asal Anda pintar membaca tren dan kesempatan, bisnis mainan pun bisa disulap jadi usaha dengan omzet yang bukan main.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here