Hampir seluruh daerah di Indonesia pasti kenal dengan menu kuliner satu ini. Ayam geprek, namanya. Sajian yang dibuat dari ayam goreng crispy berbumbu sambal spesial ini sedap disajikan bersama nasi panas. Ditambah paduan aneka pelengkap seperti tahu, tempe, terong goreng hingga lalapan, hidangan satu ini bisa Anda beli di restoran besar hingga pedagang kaki lima. Resep ayam geprek masing-masing pedagang pun beragam. Menciptakan variasi rasa yang menggugah.

Meski gerai yang paling terkenal adalah milik seorang seleb tanah air, olahan ayam ini sebenarnya berasal dari Yogyakarta. Beralamat di Jalan Wulung, Papringan, Caturnunggal, Kecamatan Depok, Daerah Istimewa Yogyakarta, resep legendaris ini konon diciptakan oleh Ibu Ruminah. Dimulai dari tahun 2003, Warung Ayam Geprek Bu Rum masih laris hingga sekarang dan menginspirasi pengusaha ayam geprek lainnya di seluruh Indonesia.

Untuk Anda yang ingin berbisnis atau sekadar mencoba sajian kuliner ini di rumah, ada beberapa resep yang bisa Anda tiru. Simak 4 di antaranya berikut ini!

 

1. Ayam Geprek ala Yogyakarta

Sebagai kota yang menjadi tempat menu ini berasal, rasanya tidak lengkap jika tidak mengetahui resep aslinya. Berikut bahan dan cara pembuatannya.

 

Bahan ayam crispy

3 potong ayam yang sudah dibersihkan

100 gram tepung terigu

½ sendok teh baking powder

1 butir telur ayam

Lada secukupnya

Minyak untuk menggoreng

 

Bahan sambal

10 buah cabai rawit (atau sesuai selera)

2 siung bawang putih

1 buah tomat

Garam dan gula secukupnya

 

Cara membuat:

Campurkan semua bumbu pelapis (tepung, telur, baking powder dan lada), kocok rata. Panaskan minyak kemudian goreng ayam yang sudah diberi pelapis hingga berwarna kuning dan bagian crispy-nya terlihat.

Untuk membuat sambalnya, tumis bawang putih, cabai rawit dan tomat hingga layu. Ulek kasar semua bumbu jadi satu lalu tambahkan garam dan gula sesuai selera. Letakkan ayam goreng di atas batu penggiling cabai kemudian olesi bagian atasnya dengan sambal. Geprek (baca: pukul) ayam hingga tercampur dengan bumbunya lalu sajikan bersama nasi dan lalapan pelengkap.

 

2. Ayam Geprek Cabai Hijau

Cabai hijau memang punya cita rasa yang sedikit berbeda dengan cabai merah dan cabai rawit. Ini jugalah yang jadi alasan kenapa menu ayam goreng berbumbu cabai hijau memiliki banyak pencinta. Simak resep ayam geprek cabai hijau berikut ini.

 

Bahan ayam goreng

1 kilogram ayam

1 sendok teh ketumbar, haluskan

5 cm kunyit, haluskan

3 butir kemiri, sangria lalu haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

Kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya

Minyak untuk menggoreng

 

Bahan sambal

10 buah cabai rawit atau sesuai selera

4 buah cabai hijau besar, buang bijinya

1 buah tomat hijau

3 siung bawang putih

Kaldu ayam dan garam secukupnya

 

Cara membuat:

Siapkan bumbu ayam goreng dan campurkan dengan potongan ayam yang sudah dicuci, masak hingga daging matang dan bumbunya meresap kemudian tiriskan. Siapkan minyak panas dan goreng potongan ayam hingga warnanya kekuningan.

Untuk sambal, haluskan semua bahan hingga halus dan merata. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Setelah selesai, siramkan minyak panas secukupnya ke atas sambal. Geprek ayam di atas cobek dan oleskan sambal ke permukaannya. Beri pelengkap berupa lalapan, tahu dan tempe goreng agar semakin sedap.

 

3. Ayam Geprek Sambal Matah

Sambal matah merupakan salah satu sambal khas nusantara yang cocok dipadukan dengan berbagai menu. Baik itu ikan maupun ayam. Untuk Anda yang ingin memadukan sambal matah dengan ayam geprek, simak resepnya berikut ini.

 

Bahan ayam geprek

4 potong ayam (bisa bagian dada atau paha)

4 siung bawang putih, haluskan

½ sendok teh kunyit bubuk

½ sendok teh pala bubuk

Garam dan merica secukupnya

 

Bahan pelapis ayam

2 butir putih telur untuk pencelup

150 gram tepung terigu serba guna

75 gram tepung beras

2 sendok makan tepung tapioka

½ sendok teh baking powder

Kaldu ayam bubuk dan garam secukupnya

 

Bahan sambal matah

1 genggam penuh cabai rawit merah, iris-iris halus

5 siung bawang putih, iris halus

10 siung bawang merah, iris halus

2 batang serai, ambil bagian yang putih lalu iris halus

½ sendok teh terasi bakar, haluskan

5 lembar daun jeruk, buang tulangnya dan iris halus

3 buah jeruk nipis, ambil airnya

5 sendok makan minyak goreng

Gula dan garam secukupnya

Cara membuat:

Marinasi ayam dengan semua bumbu halus minimal dua jam lalu sisihkan. Balur setiap potongan ayam dengan menggunakan campuran tepung kering, celupkan ke putih telur lalu gulingkan lagi ke tepung kering. Remas-remas lalu goreng hingga bagian luarnya tampak crispy.

Siapkan tempat berbeda untuk membuat sambal matah. Campurkan semua bahan kecuali minyak dan air jeruk nipis. Remas-remas semua bahan sebentar. Panaskan minyak goreng dengan api besar lalu tuangkan ke wadah berisi sambal lalu dinginkan dan masukkan perasan air jeruk. Geprek ayam yang sudah digoreng di atas cobek lalu siram dengan sambal matah dan sajikan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Sambal Matah Bali Untuk Bisnis Kuliner

 

 

4. Ayam Geprek Sambal Bawang

Resep selanjutnya yang bisa Anda coba untuk berkreasi dengan ayam geprek adalah dengan menggunakan sambal bawang. Penasaran bagaimana caranya? Langsung saja simak resepnya berikut ini.

 

Bahan ayam crispy

1 kilogram daging ayam, potong sesuai selera dan bersihkan

Tepung ayam serba guna secukupnya

Air dingin secukupnya

Bahan sambal bawang

10 buah cabai merah keriting (atau sesuai selera)

10 buah cabai rawit (atau sesuai selera)

6 siung bawang putih

Garam dan gula secukupnya

Minyak panas untuk menyiram sambal

 

Cara membuat:

Bagi tepung serba guna menjadi dua bagian, tepung basah dan tepung kering. Untuk membuat bagian yang basah, campurkan tepung dengan air dingin. Ambil ayam yang sudah dipotong dan dibersihkan lalu celupkan ke tepung basah lalu ke bagian yang kering. Goreng ayam hingga kecokelatan dan terlihat crispy. Sisihkan

Ulek bawang putih, cabe merah dan cabai rawit namun jangan terlalu halus. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Ambil beberapa sendok minyak goreng yang sudah dipanaskan lalu tuang ke atasnya. Masukkan ayam yang sudah digoreng, geprek di atas cobek hingga cabainya melumuri permukaan. Sajikan bersama nasi, tempe, tahu goreng dan aneka lalapan.

 

Itulah beberapa resep ayam geprek yang enak dan mudah untuk Anda coba di rumah. Selain untuk konsumsi pribadi, resep-resep di atas sangat praktis untuk dijadikan menu rumah makan atau restoran ayam geprek Anda. Tertarik mencoba resepnya untuk berbisnis ayam geprek?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here