Sudah lama pemerintah membuat program pinjaman modal bagi pelaku bisnis baru. Ini merupakan hawa segar bagi kaum milenial yang ingin membangun usaha sendiri. Selain itu, ide ini juga diperkuat dengan program pendampingan usaha dari berbagai bank. Bank-bank tersebut menyediakan pelatih untuk mendampingi Anda membangun usaha. Tentunya ini memudahkan Anda yang baru belajar berbisnis.

Jika Anda sudah lelah bekerja di kantor dan ingin belajar menjadi bos, inilah saatnya. Sebelum memulai bisnis tahun ini, Anda harus terlebih dahulu mengetahui bisnis UKM 2019 yang paling digemari. Di bawah ini adalah 5 ide bisnis UKM menjanjikan yang bisa Anda pilih sesuai kemauan dan kemampuan Anda.

 

1. Bisnis Kuliner

Sering melihat foto-foto Instagram berupa makanan dan rumah makan? Bisnis ini bisa sangat menjanjikan bagi Anda yang suka memasak. Pastikan Anda mendesain tempat makan dengan menarik agar para pengunjung bisa sering-sering mengunggah foto tempat itu ke akun media sosial mereka. Anggap saja mereka sedang membantu mempromosikan tempat makan Anda.

Untuk memulainya, Anda tidak perlu bersusah-payah membuat menu baru. Anda cukup membuat menu dari kuliner yang sudah ada, tetapi tetap digemari. Variasikan dengan topping atau bentuk sedemikian rupa sehingga tampak baru. Jika tidak ada tempat untuk membuka toko, Anda bisa menitipkan produk Anda di warung atau kafe.

Baca Juga: 5 Ide Bisnis UKM Kuliner yang Tidak Pernah Mati dan Menguntungkan

 

2. Jasa Perencanaan Liburan

Saat ini, liburan hampir menjadi sebuah kewajiban bagi setiap orang. Anda pasti sering melihat banyak orang yang mengunggah foto-foto liburan mereka. Jika Anda suka liburan, manfaatkan momen ini untuk membuka jasa travel planner.

Dalam menjalankan bisnis ini, Anda perlu memberikan rincian perjalanan yang bisa dilakukan di suatu kota. Rincian perjalanan ini meliputi alat transportasi yang digunakan dan perkiraan waktu sampai ke suatu tempat.

Pilihan penginapan dan tempat makan yang murah juga perlu dimasukkan ke dalam rincian biaya hidup harian yang Anda rancang. Anda juga bisa menambahkan beberapa percakapan bahasa setempat untuk menanyakan lokasi dan sebagainya. Tentunya hal ini sangat menyenangkan jika Anda terbiasa dengan perencanaan.

Ini bisa menjadi ide bisnis menarik dan murah karena Anda bisa melakukannya di mana saja. Anda juga bisa meminta bantuan teman Anda yang suka bepergian untuk mengatur jadwal dan membuat rincian perjalanan.

 

3. Bisnis Mode

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak e-commerce yang gencar dengan produk mode mereka. Hal ini disambut baik oleh kaum milenial pencinta dunia mode. Seperti bisnis kuliner, bisnis ini sangat menjanjikan terutama jika Anda sudah familier dengan marketplace. Bahkan menteri dalam negeri menyarankan kaum milenial untuk menggencarkan bisnis online.

Instagram yang menjadi sahabat para pebisnis sangat membantu dengan tagar “Outfit of the Day” atau yang biasa disingkat OOTD. Konsep ini berhasil menarik banyak pengguna Instagram untuk berlomba-lomba memamerkan tampilan pakaian terbaik mereka.

Hal ini juga didukung dengan masuknya budaya Korea dengan variasi bajunya. Jika Anda punya selera pakaian yang menarik, Anda bisa mulai bisnis ini dengan membuat desain pakaian sendiri. Jika belum memiliki modal, Anda bisa mulai sebagai reseller atau dropshipper. Manfaatkan Instagram dan toko online Anda untuk pemasaran.

 

4. Jasa Membuat Konten

Di zaman yang serba digital ini, keberadaan konten menjadi salah satu strategi penasaran. Hampir semua bisnis kaum milenial dipasarkan secara online, baik melalui situs atau media sosial. Jika suatu produk atau jasa memiliki situs, pelaku bisnis pasti membutuhkan konten.

Konten yang efektif dapat menarik calon pembeli baru dan meningkatkan penjualan melalui pencarian yang mereka lakukan. Menulis artikel sambil mengurus bisnis tentu sangat melelahkan. Di sinilah keberadaan penyedia jasa pembuat konten menjadi sangat diperlukan.

 

5. Suvenir Pernikahan

Anda sangat kreatif dan suka membuat pernik-pernik? Jika ya, Anda bisa membangun bisnis suvenir pernikahan. Bisnis ini sangat menjanjikan, terutama jika Anda bisa memberikan harga yang miring dengan desain suvenir yang unik.

Selama Anda menerapkan strategi pemasaran yang baik dan mengumpulkan banyak pengikut media sosial, banyak orang akan mengantre memesan suvenir Anda. Selain menghasilkan, usaha ini akan menjadi sangat menyenangkan bagi Anda yang suka mengasah kreativitas.

 

Itulah 5 bisnis UKM 2019 yang menjanjikan. Pada zaman ini, hampir setiap ide bisa diubah menjadi bisnis yang menguntungkan. Lakukan riset mendalam untuk membuat produk atau jasa Anda berbeda dari yang lainnya. Selanjutnya, Anda hanya perlu memanfaatkan teknologi dan media sosial untuk membantu pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here