Menjalankan bisnis online memang terlihat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Namun, tidak semua orang memiliki modal yang besar. Kalau ingin bisnis fesyen tentu mereka membutuhkan banyak modal untuk menyetok barang yang sedang laku di pasaran. Akhirnya, pelaku bisnis online banyak yang gulung tikar karena tidak kuat modal.

Sebenarnya bisnis online shop yang dilakukan oleh masyarakat tidak selalu berhubungan dengan modal besar. Tanpa modal sekalipun bisnis tetap bisa dilakukan dan keuntungan yang didapatkan cukup besar. Kalau Anda ingin mencoba bisnis online yang tanpa modal serta menguntungkan, simak contoh berikut ini.

 

1. Membuka Sistem Pre Order

Anda bisa menjual barang apa pun itu termasuk elektronik dengan sistem pre order. Sebelum membuka bisnis online ini ada baiknya untuk melakukan kerja sama dengan penjual atau mungkin distributor. Kerja sama ini dilakukan untuk memudahkan Anda mengambil barang dan melunasi tagihan.

Sistem pre order bisa dilakukan dengan membuka penawaran di media sosial. Misal Anda menjual produk ponsel terbaru yang belum ada di pasaran. Pre order dibuka dengan membayar sejumlah uang sebagai down payment atau DP. Buat perjanjian semisal membatalkan uang akan hangus atau kembali beberapa persen saja.

Setelah barang yang dijanjikan ada dalam jumlah yang banyak, Anda bisa meminta para pembeli untuk melunasinya. Setelah pembayaran lunas barulah barang bisa dikirim ke alamat yang diberikan atau diberikan dengan sistem COD kalau memang ada pembeli yang tidak percaya.

Sistem pre order ini akan memudahkan Anda dalam mematok keuntungan. Misal harga jual ada selisih beberapa puluh atau ratus ribu dari harga yang diberikan toko. Umumnya kalau ada kerja sama, harga yang diberikan lebih rendah dari harga retail di toko sehingga Anda masih bisa menentukan untung yang masuk akal.

 

2. Menjadi Reseller atau Dropshipper

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis online tanpa modal adalah menjadi reseller atau dropshipper. Dengan menjadi seorang reseller, Anda tidak perlu memiliki stok yang terlalu banyak, bahkan tanpa stok pun bisa jualan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan promosi produk saja dengan maksimal.

Baca Juga: 3 Tips Sukses dalam Bisnis Dropship Tanpa Modal

Lakukan kerja sama dengan agen atau pemilik toko besar. Lakukan promosi terkait dengan produk apa saja yang dijual. Setelah mendapatkan pembeli, Anda bisa menghubungi pemilik barang untuk mengirimkannya sesuai alamat. Dengan cara ini Anda tidak akan repot dalam mengepak barang dan mengirimnya.

Meski tidak memiliki stok sendiri dan bisa menjual apa saja yang diinginkan. Jangan asal melakukan promosi. Pilih barang yang sekiranya sedang tren dan menjadi incaran banyak orang. Kalau produk yang Anda promosikan tidak laku di pasaran, peluang dapat keuntungan yang besar semakin rendah.

Lakukan riset di media sosial atau mungkin marketplace. Selanjutnya cari pemilik jasa reseller atau dropshipper yang menawarkan produk sejenis dengan harga cukup bersahabat. Dari sana Anda bisa melakukan mark-up harga dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan keinginan.

Karena barang tidak Anda kirim sendiri, ada baiknya Anda mencoba melakukan order terlebih dahulu. Lihat barang yang dikirim apakah sesuai dengan kondisi atau deskripsi atau belum. Kalau sudah berarti bisnis bisa dilanjutkan. Kalau barang yang dikirim sangat buruk, ada baiknya untuk mencari yang lain.

 

3. Jasa Titip atau Hand Carry

Bisnis online shop dengan model jasa titip atau hand carry ini mulai banyak dilakukan oleh masyarakat. Meski tidak bisa dilakukan secara rutin atau reguler, Anda bisa memanfaatkannya untuk mendulang keuntungan. Misal Anda seminggu sekali datang ke luar kota atau luar negeri, manfaatkan hal ini untuk membuka layanan jasa titip.

Produk jasa titip ini bisa beragam mulai dari fesyen kekinian, makanan, aksesori, hingga produk elektronik. Anda bisa membelikan produk itu kalau mereka melakukan transfer yang seharga produk. Selanjutnya biaya jasa juga bisa ditentukan sesuai dengan harga barang atau sesuai dengan beratnya.

Sebelum membuka jastip atau jasa titip pertimbangkan beberapa hal. Pertama adalah mempertimbangkan kualitas dari produk yang dibeli. Kalau makanan yang tidak kering, biasanya tahan 2-3 hari saja. Usahakan beli saat akan pulang dan segera diberikan pada pembeli agar kualitasnya tidak anjlok atau rusak.

Selanjutnya, sebisa mungkin untuk mengetahui ada atau tidaknya pajak untuk beli produk elektronik dari luar negeri. Kalau ada pajaknya tentu saja harus dibebankan kepada pembeli. Hal seperti ini harus diberitahukan pada pembeli sejak awal agar tidak dikira melakukan curang atau mark-up harga berlebihan.

 

4. Menjadi Translator

Kemampuan bahasa yang Anda miliki ternyata bermanfaat untuk dijadikan ladang bisnis. Ada banyak sektor yang membutuhkan jasa translator atau mungkin interpreter. Anda bisa menerjemahkan dokumen, buku, atau hal lain dari bahasa lain ke Bahasa Indonesia.

Bisnis ini cukup maju di Indonesia dan sudah banyak yang melakukannya. Anda bisa ikut dengan agensi atau membuka jasa sendiri. Kalau ikut agensi biasanya akan ada proyek yang dibagikan sesuai dengan kemampuan. Sebaliknya kalau membuka jasa sendiri proyek apa pun bisa dikerjakan.

Jasa translator baik dokumen maupun oral membutuhkan kemampuan dan kompetensi yang hebat. Kalau Anda memiliki kompetensi yang mumpuni, kemungkinan besar tidak akan terlalu banyak kesulitan. Bahan, akan banyak klien yang percaya dan selalu menggunakan jasa yang Anda tawarkan.

 

5. Membuat Blog dengan Niche yang Fokus

Bisnis terakhir yang bisa dilakukan untuk mendapatkan uang atau keuntungan tanpa modal adalah membuat blog dengan niche yang terfokus. Artinya blog memiliki tema khusus dan tidak campuran. Misal Anda membuat blog yang berhubungan dengan ulasan ponsel atau produk elektronik lainnya.

Kalau blog yang dikelola sudah semakin baik dan berkembang, berbagai penawaran akan bermunculan. Di luar dari AdSense yang mungkin didapatkan, Anda akan mendapatkan tawaran kerja sama dari orang lain baik itu individu atau pemilik brand untuk melakukan pengulasan atau membuat feature news.

Selanjutnya kerja sama juga bisa dalam bentuk iklan di blog atau membuat artikel khusus dengan bayaran yang cukup besar. Dalam membuat blog, jangan lupakan media sosial yang menyokong berkembangan dan promosi dari konten yang dibuat.

 

Inilah beberapa ulasan tentang bisnis online shop yang bisa dilakukan tanpa modal. Dengan melakukan bisnis di atas, Anda akan mendapatkan untung yang besar tanpa bersusah payah mencari pinjaman uang untuk modal. Bahkan, dari untung yang didapatkan Anda bisa melakukan bisnis yang lain.

Oh ya, meski terlihat mudah dan bisa mendatangkan banyak keuntungan, bisnis online ini harus dilakukan dengan hati-hati. Apalagi yang berhubungan langsung dengan transfer uang dari pembeli. Selalu cek rekening dengan saksama untuk memastikan pembayaran. Terakhir, promosi tetap haru dilakukan khususnya di media sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here