Saat ini pemerintah sedang gencar-gencarnya ingin menambah jumlah UKM di Indonesia. Selain dapat meningkatkan kesejahteraan, UKM dapat menyerap tenaga kerja dan meningkatkan geliat perekonomian di negara kepulauan ini.

Jika Anda memiliki ide membuka bisnis, pemerintah akan dengan senang hati membantu Anda. Pemerintah memiliki program pendukung, insentif, dan pendampingan untuk membantu usaha Anda.

Saat ini, bisnis UKM makanan sangat menarik bagi pelaku usaha dan pembeli. Siapa yang tidak membutuhkan makanan? Apalagi sekarang adalah zaman ketika orang-orang tidak memiliki banyak waktu untuk memasak. Nah, Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membuka bisnis kuliner. Berikut ide bisnis kuliner yang bisa Anda coba.

 

1. Bisnis Katering

Walaupun bisnis ini mengharuskan Anda memasak, Anda tidak perlu menjadi tukang masaknya. Anda bisa mempekerjakan orang untuk menyiapkan makanan berdasarkan menu yang sudah Anda siapkan.

Bisnis ini bisa Anda coba jika rumah Anda berdekatan dengan daerah perkantoran atau perkuliahan. Anda bisa menampilkan makanan di etalase dan orang-orang akan berdatangan.

Pesanan untuk pesta atau menyediakan makan siang kantor juga bisa dijadikan pilihan. Jika Anda tinggal di kota besar dengan banyak kafe, Anda bisa membuka layanan antar makan siang. Pegawai yang kewalahan membayar makan siang yang mahal akan langsung menjadi pelanggan setia.

 

2. Warung Tenda atau Angkringan

Hampir sama seperti katering, bedanya warung tenda membutuhkan tempat untuk berjualan dan makan. Ya, orang bisa langsung pesan dan makan di tempat. Anda pasti sering melihatnya di beberapa kota besar dan wisata. Warung tenda lebih dipilih oleh para turis mancanegara daripada kafe atau restoran. Pasalnya makanan yang disajikan lebih murah dan rasanya juga enak.

Anda bisa memulai bisnis ini dengan menyajikan makanan yang banyak disukai, seperti nasi dan mi goreng. Anda juga bisa menjual makanan rumahan untuk menarik lebih banyak pembeli. Buka saja di dekat perkantoran atau sekolah. Orang-orang yang membutuhkan makan siang akan dengan senang hati datang.

 

3. Kuliner Kreatif

Selama Anda memiliki jiwa kreatif, ide apa saja bisa menjadi uang. Jika menjual nasi dan mi goreng sudah terlalu biasa, bagaimana dengan tambahan varian pedas berlevel. Saat ini, kuliner dengan tingkat kepedasan sedang menjadi tren. Anda juga bisa mencoba menu kuliner lain dari yang sudah ada. Dengan tambahan varian dan sentuhan ide kreatif, kuliner biasa bisa menjadi luar bisa.

Semua orang bisa membuat mi instan. Namun, dengan variasi isian, cara pembuatan, dan sebagainya, mi instan Anda pun menjadi berbeda. Walaupun terdengar biasa, nyatanya bisnis ini banyak digemari pencinta mi instan dan orang-orang yang suka makanan sederhana.

Baca Juga: Ali Muharam, Omzet Rp 3 Miliar per Bulan dari Makaroni Ngehe

 

4. Katering Menu untuk Diet

Betapa banyak orang yang ingin diet tetapi kesulitan menemukan menu yang enak dan tetap sehat. Anda bisa membangun bisnis ini dengan menyasar ibu rumah tangga, mahasiswi, dan pekerja kantor perempuan. Mereka tidak akan berpikir panjang untuk memesan produk Anda setelah mendengar kata “diet sehat”. Wanita sibuk mana yang tidak mau membeli makanan diet sehat siap saji walaupun tidak sedang berdiet?

Untuk memulainya, Anda bisa mencari menu-menu diet enak di internet seperti diet mayo. Pastikan Anda memasukkannya ke dalam kotak makanan agar tidak cepat basi. Berikan layanan antar makanan untuk menarik lebih banyak pelanggan. Gencarkan promosi melalui media sosial. Jika perlu, sebarkan flyer di area perkuliahan dan perkantoran.

 

5. Kue Anti Mainstream

Peminat kuliner unik dan kreatif semakin bertambah. Pasalnya, banyak orang yang mengira bahwa tampilan dapat menjelaskan rasa. Orang akan percaya bahwa semakin menarik tampilan kue, semakin enak rasanya. Nah, jika Anda suka membuat kue, ide ini dapat menjadi ladang uang Anda.

Mempekerjakan orang yang bisa membuat kue juga bisa menjadi pilihan. Anda hanya menentukan kue apa saja yang ingin Anda jual dan bagaimana dekorasinya. Anda bisa mendapatkan berbagai ide ini di internet. Setelah itu, lakukan promosi melalui media sosial.

Mengingat setiap orang memiliki preferensi masing-masing, gunakan sistem PO untuk mengurangi kerugian. Dengan tampilan yang menarik, Anda bisa membuka pesanan untuk acara-acara besar seperti pesta ulang tahun dan pernikahan.

 

Itulah 5 bisnis UKM makanan yang bisa dicoba. Anda bisa memilih sesuai keahlian dan peluang bisnis di lingkungan Anda. Selain menghasilkan, kelima bisnis tersebut tidak akan pernah ketinggalan zaman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here