Sebenarnya ada banyak sekali peluang bisnis UKM kreatif di Indonesia. Pasalnya, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki banyak budaya dan orang-orang kreatif. Asalkan memiliki nilai seni dan guna, usaha tersebut bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan. Apalagi jika jarang atau bahkan belum ada yang mencobanya. Tidak sedikit usaha kreatif di Indonesia yang dilirik pasar internasional. Anda juga bisa jika produk atau jasa Anda memenuhi standar kualitas internasional.

Jika Anda memiliki banyak ide-ide bisnis UKM kreatif, kenapa tidak menjadikannya peluang bisnis? Berikut ini contoh ide-ide bisnis untuk membantu Anda.

 

Memanfaatkan Sampah Plastik

Berawal dari keprihatinan masyarakat tentang masalah sampah, barang gratis tersebut kini menjadi ide bisnis menguntungkan. Anda bisa mulai dengan mengumpulkan banyak sekali bungkus produk.

Cari yang cukup kuat dari beberapa produk yang serupa. Lalu, mulailah membuat barang-barang bernilai guna seperti tas dan aksesori. Jangan lupa menambahkan bahan-bahan yang diperlukan seperti kain untuk bagian dalam tas dan sebagainya.

Anda juga bisa mempekerjakan seorang tukang jahit untuk membantu Anda. Jika bisa membuat produk yang sangat cantik dan berkualitas, Anda bahkan bisa memasarkannya hingga ke luar negeri.

 

Membuat Bisnis Rajut

Sebelum mesin jahit ditemukan, orang-orang Eropa membuat pakaian mereka sendiri dengan teknik merajut. Siapa tahu hasil dari keterampilan ini kembali diminati sekarang. Ini bisa menjadi ladang bisnis bagi Anda yang bisa merajut. Mengingat Indonesia adalah negara panas, Anda bisa membuat baju bayi yang hangat, jaket untuk musim hujan taplak meja, alas piring, dan sebagainya.

Apakah Anda pernah mendengar sepatu keluaran merek ternama yang dinamai Adidas Yeezy. Jika mereka bisa membuat sepatu dengan cara merajut, Anda juga bisa. Untuk memperluas pasar dan menambah omzet, Anda juga bisa membuat barang untuk penduduk negara 4 musim.

 

Memanfaatkan Drum atau Ban Bekas

Anda pasti sering melihat kursi dan meja yang terbuat dari drum atau ban bekas. Walaupun terlihat aneh, meja dan kursi tersebut ternyata bisa menjadi poin menarik bagi sebuah kafe.

Banyak kafe-kafe yang mengusung tema industri menggunakan furnitur semacam ini. Bahkan tidak jarang kafe-kafe baru sengaja menggunakan perabot tersebut untuk menarik perhatian generasi milenial. Dengan desain dan pengerjaan yang baik, Anda bisa membuat barang-barang tersebut memiliki nilai jual tinggi.

 

Usaha Custom Produk

Usaha ini tergolong sangat baru dan cukup menjanjikan. Pasalnya, banyak orang yang ingin barang-barang miliknya mencerminkan dirinya. Anda pasti sering melihat beberapa mobil bertema “Hello Kitty” bertebaran di jalanan.

Kucing itu menghiasi mobil mulai dari cat berwarna Pink, kursi Pink, bantalan leher, stiker, dan aksesori mobil bergambar kucing dari Jepang itu. Itu adalah salah satu contoh custom produk. Mulailah dari sesuatu yang bisa Anda buat, lalu berikan layanan custom.

 

Usaha Aksesori

Apakah Anda pernah mendengar seorang jutawan cilik dari Amerika yang berhasil membangun bisnis aksesorinya? Ia berhasil membuat beraneka ragam aksesori yang sangat diminati.

Anda bisa memulai bisnis ini dari mencontoh beberapa produknya atau mencari di internet. Ada banyak sekali tutorial untuk membuat aksesori di internet. Yang Anda perlukan hanyalah mengumpulkan bahan dan mulai membuat.

 

Desain Latar Case Ponsel

Ponsel adalah hal yang paling dekat dengan kita. Kita menggunakannya hampir setiap saat untuk berbagai keperluan. Hal ini yang membuat banyak orang ingin memiliki case ponsel yang mendefinisikan dirinya.

Anda bisa melakukannya dengan membeli case bening yang sudah jadi dan membuat latar dari kertas. Anda bisa mendesain latar sendiri atau mengunduh gambar dari internet. Berikan layanan custom untuk produk Anda agar desain sesuai dengan minat pelanggan.

 

Menyiapkan Persediaan Makanan

Kebiasaan menyiapkan makanan beberapa hari sebelumnya sebenarnya dimulai di Amerika. Tidak memiliki cukup waktu menjadi alasan utama. Mengingat makanan instan tidak baik bagi kesehatan, menyimpan makanan jadi di dalam lemari es menjadi solusi.

Jika Anda suka memasak, Anda bisa memulai bisnis ini dengan melakukan promosi melalui media sosial. Cara kerjanya adalah Anda mendatangi rumah pelanggan pada hari Minggu. Mulailah memasak menu yang dibutuhkan seluruh anggota keluarga selama beberapa hari.

Makanan jadi bisa tahan di dalam lemari es dalam kondisi tertutup hingga 4 hari. Anda bisa menyiapkan salad untuk hari kelima. Biasanya Anda hanya diminta untuk memasak 1 atau 2 kali makan dalam sehari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here