Pengertian Iklan Layanan Masyarakat adalah pesan singkat yang dihasilkan pada gambar, audio, atau video lalu ditayangkan di papan iklan, stasiun radio, televisi, ataupun media lainnya.

Berbeda dengan iklan pada umumnya, Iklan Layanan Masyarakat (ILM) pada umumnya dirancang untuk menyampaikan pesan berupa informasi yang mendidik. Bukan mempromosikan produk atau layanan. ILM ditujukan untuk mengubah opini dan meningkatkan kesadaran masyarakat terkait isu-isu fundamental, serta menyebarkan informasi dengan cepat dan efisien.

Beberapa contoh misalnya adalah pengumuman yang mencakup masalah minuman keras, keamanan mengemudi, larangan narkoba, dan bahaya seks bebas. Iklan Layanan Masyarakat bisa kita temukan di Televisi, Radio, Media online, Media cetak, dan Iklan outdoor di sepanjang jalan perkotaan.

Jadi ILM ini biasanya bukan untuk tujuan komersial, namun didasarkan untuk pendidikan dan lebih mengacu ke sudut pandang nirlaba. ILM dapat menciptakan kesadaran, menunjukkan pentingnya masalah atau persoalan, dan mempromosikan perubahan perilaku.

Iklan Layanan Masyarakat diharapkan menjadi kekuatan signifikan dalam mengubah sikap publik, tentang beragam persoalan untuk mengurangi kejahatan dan mengatasi berbagai masalah kesehatan dan keselamatan.

Iklan Layanan Masyarakat Di Indonesia

Peraturan Undang-Undang Penyiaran mengharuskan media massa menyumbangkan waktu tayang tertentu untuk Iklan Layanan Masyarakat, demi kepentingan umum. Itulah kenapa ILM ini sangat berharga dalam menjangkau kalangan luas dengan pesan untuk kepentingan umum.

Contoh Iklan Layanan Masyarakat

Apakah Anda ingin menciptakan kesadaran, memberikan informasi, mempengaruhi perilaku, atau menekankan pentingnya suatu masalah, ILM adalah cara yang baik untuk menjangkau kalangan umum. Berikut adalah contoh-contoh iklan layanan masyarakat.

1. Kesehatan

Instansi pemerintah dan lembaga kesehatan seperti rumah sakit sering menggunakan ILM untuk masalah kesehatan, seperti larangan narkoba, berhenti merokok, mendorong pola makan sehat atau mengingatkan penyakit menular.

1.1 Narkoba

Narkoba sering menjadi topik pembahasan di beragam forum. Banyak pihak yang belum menyadari Efek samping penggunaan narkoba. Untuk itu, ILM tentang bahaya narkoba ini perlu dikemas sebaik mungkin.

1.2 Rokok

Kendati menimbulkan dampak negatif yang nyata, tidak sedikit masyarakat yang menolak berhenti merokok. Kebiasaan merokok masih pro dan kontra. Bahkan ketika para produsen rokok diharuskan menampilkan konten grafis pada kemasannya, belum menjadi efek penghentian yang mudah.

1.3 Makanan

ILM makanan disampaikan supaya meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai informasi-informasi yang berkaitan dengan kesehatan makanan dan minuman. Baik itu yang baik maupun yang buruk bagi kesehatan.

1.4 Penyakit Menular

Ada macam-macam faktor yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit. Kendati makanan dan minuman merupakan salah satu faktornya. Kadang penyakit dapat menyerang karena penularan dari teman, keluarga, atau orang terdekat tanpa disadari. Penyakit-penyakit menular perlu diwaspadai dan diketahui cara pencegahannya. Contohnya adalah menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan.

2. Keamanan

ILM sangat berharga untuk kampanye keselamatan publik, seperti keselamatan berkendara mengenai pentingnya menggunakan sabuk pengaman, memakai helm dan bahaya pengaruh alkohol. Pemerintah pun dapat pula menggunakan ILM untuk mengingatkan masyarakat tentang undang-undang baru yang berlaku. Dalam beberapa kasus, perusahaan swasta dapat mengambil keuntungan dari kerja sama dengan pemerintah atau lembaga penegak hukum, misalnya bagi atau perusahaan yang menjual helm.

2.1 Keselamatan Berkendara

Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu faktor penyebab kematian paling tinggi di Indonesia. Pengendara yang mengalami kecelakaan kadang sering diakibatkan menelepon dan mengirim pesan saat berkendara hingga karena tidak memakai perangkat keamaanan. Dengan demikian, pihak kepolisian sering membuat ILM mengenai pentingnya sabuk pengaman dan helm ketika berkendara. Selain itu pula harus menghindari mengemudi bila sedang terpengaruh alkohol ataupun sedang keadaan mengantuk.

3. Lingkungan

Contoh Iklan Layanan Masayarakat tentang lingkungan adalah kiat mengemudi yang menghemat bahan bakar, menghemat air, pencegahan kebakaran, kiat menanam pohon untuk penghijauan lingkungan, global warming, dan sebagainya.

3.1 Global Warming

Ada teori mengatakan bahwa suhu rata-rata global pada permukaan bumi sudah meningkat di seratus tahun terakhir. Disebut sebagai Global Warming, atau pemanasan global.

Pemanasan global ini adalah fenomena nyata yang berpengaruh bagi seluruh penduduk di dunia. ILM merupakan salah satu jalan yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kewaspadaan masyarakat.

3.2 Hemat Air

ILM ini menceritakan bahwa air sangat berharga dan ketersediaan air bersih pun mulai terbatas. Sementara inti dari masalah kekurangan air terkadang adalah gaya hidup, yaitu pemakaian yang berlebih dan tidak menyadarinya.

3.3 Go Green

Go Green merupakan upaya untuk mengurangi aktivitas yang bisa merugikan bumi. Kendati bumi adalah satu-satunya planet yang bisa ditinggali manusia saat ini. Keadaan bumi semakin tercemar oleh beragam faktor. Sebagian masyarakat mulai menyerukan tentang pentingnya Go Green untuk keselamatan bumi di waktu ke depan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here