Saat ini, transaksi jual beli di toko maupun pusat perbelanjaan mulai tergantikan oleh e-commerce. Bisnis jual beli daring ini sudah menjamur di Indonesia dalam bentuk marketplace. Salah satu marketplace yang paling banyak dikunjungi di Indonesia adalah Tokopedia.

Setelah diluncurkan pada 2009, Tokopedia telah menjadi unicorn yang berpengaruh di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Situs belanja ini memungkinkan individu, pedagang kecil, bahkan pemilik merek dagang ternama membuka dan mengelola toko daring. Semua itu merupakan upaya menjalankan misi mereka, yaitu pemerataan ekonomi secara digital.

 

Ragam Bisnis di Tokopedia

Hampir semua hal bisa dilakukan di Tokopedia. Anda bisa membeli barang dari merek ternama dan jenis barang lainnya. Anda juga bisa membayar tagihan BPJS, listrik, air, telepon, TV berlangganan, dan kartu kredit. Belum lagi, produk digital seperti voucher gim sampai pulsa dijual di sana. Butuh tiket? Tokopedia menyediakan tiket pesawat, tiket kereta, dan layanan isi saldo M-TIX untuk memesan tiket bioskop.

Selain berbagai bisnis tersebut, Tokopedia meluncurkan aplikasi Mitra Tokopedia pada 2018. Aplikasi ini memungkinkan semua orang untuk menjual produk digital Tokopedia seperti pulsa, token listrik, voucher gim, dan sebagainya.

 

Keunggulan Tokopedia

Keunggulan marketplace ini bisa dilihat dari keuntungan yang didapat oleh penggunanya, yaitu penjual dan pembeli.

Penjual

      1. Tampilan antarmuka mudah dipahami, bahkan oleh pengguna baru ponsel pintar. 
      2. Situs dan aplikasinya sangat ringan dijalankan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk merespons pelanggan.
      3. Ada banyak fitur yang membantu penjual melayani pembelian.
      4. Memiliki banyak pilihan kurir pengiriman barang.
      5. Pencairan saldo hanya membutuhkan waktu satu sampai dua jam sejak pembeli menerima barang.

Pembeli

      1. Fitur pencarian Tokopedia memudahkan pembeli mencari barang atau jasa.
      2. Tersedia berbagai promosi menarik, seperti gratis ongkos kirim, cashback, dan kupon belanja.
      3. Jika sering membuka Tokopedia, pembeli berkesempatan mendapatkan lucky eggs yang berisi loyalty points. Poin-poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai promosi menarik.
      4. Beragam barang dan jasa bisa didapatkan dengan mudah melalui satu aplikasi.

 

Cara Daftar Tokopedia Lewat HP Android & iOS

Ada dua cara mendaftar akun di Tokopedia, yaitu lewat PC dan HP. Namun, ada baiknya Anda melakukan pendaftaran melalui HP dengan mengunduh aplikasi Tokopedia terlebih dahulu. Pasalnya, Anda akan lebih leluasa menjawab pesan pembeli dan melakukan mengelola toko melalui HP.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Akun Shopee untuk Penjual?

Jika aplikasi sudah terpasang, ikuti cara daftar Tokopedia lewat HP berikut ini.

    1. Setelah aplikasi terpasang di HP Anda, klik “Open” atau “Buka” di layar Play Store atau App Store. Anda pun bisa langsung membuka aplikasi yang sudah terpasang di layar HP.
    2. Setelah terbuka, Anda akan masuk ke layar utama Tokopedia. Klik ikon tiga garis di sebelah kiri atas, tepatnya di bagian kolom pencarian.
    3. Layar sebelah kiri akan terbuka, lalu klik “Daftar”.
    4. Anda akan masuk ke halaman metode pendaftaran. Di layar itu, Anda bisa mendaftar menggunakan akun Facebook, surel Google yang sudah digunakan di HP, nomor ponsel, atau alamat surel baru. Jika tidak ingin menerima banyak pemberitahuan melalui surel, lebih baik Anda menggunakan nomor ponsel.
    5. Setelah itu, Anda harus memasukkan “Identitas Personal” yang meliputi nama, tanggal lahir, password, dan nomor HP. Jangan lupa melakukan konfirmasi password. Setelah lengkap, klik “DAFTAR”.
    6. Sebenarnya saat ini akun Anda sudah terdaftar, tetapi Tokopedia akan meminta untuk melakukan verifikasi nomor telepon. Anda bisa melewati langkah ini dan langsung mulai berjualan. Namun, ada baiknya melakukan verifikasi untuk meningkatkan keamanan dengan memilih “Kirim SMS Verifikasi”.
    7. Tunggu beberapa saat hingga Anda menerima kode verifikasi dari Tokopedia melalui SMS. Masukkan angka yang tertera ke dalam enam garis horizontal yang tersedia, lalu klik “Verifikasi”.
    8. Jika telah melakukan seluruh langkah di atas, Anda telah terdaftar sebagai pelapak di Tokopedia. Anda bisa memeriksanya dengan menekan ikon tiga baris yang ada di pojok kiri atas. Jika nama akun yang digunakan sudah tertera di sana, Anda bisa mulai berjualan.

 

Itulah cara daftar Tokopedia lewat HP dengan mudah. Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa mengatur bagaimana tampilan toko dan mulai mengunggah informasi dagangan. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here