Di antara semua kue yang ada di Indonesia, bolu kukus pasti disukai oleh hampir semua kalangan. Bolu kukus biasanya disajikan ketika acara kumpul keluarga seperti hari raya. Kue ini juga sangat cocok disajikan sebagai kudapan di acara arisan dan acara-acara besar. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang manis dan gurih membuat kue ini sangat dirindukan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Pisang Goreng Crispy Renyah?

 

Membuat Varian Kue Bolu Sederhana

Bahan Kue Bolu Sederhana

Ada beraneka ragam resep bolu kukus. Varian yang paling sering disajikan adalah bolu kukus sederhana. Anda suka bolu dan ingin tahu cara membuat bolu kukus sederhana dengan rasa yang enak? Yuk, simak resepnya di bawah ini.

Dalam resep ini, kita perlu menyiapkan adonan karamel, campuran tepung, dan adonan telur.

Untuk membuat adonan karamel, kita membutuhkan:

        • 100 gram gula pasir dan
        • 100 mililiter air

Setelah itu, bahan untuk campuran tepung terdiri dari:

        • 200 gram tepung terigu,
        • 200 gram gula pasir,
        • 5 sendok makan susu bubuk rasa vanilla, dan
        • ½ sendok teh baking soda

Bahan-bahan untuk adonan telur adalah

        • 4 butir telur ayam dan
        • 100 gram gula pasir

 

Langkah Membuat Kue Bolu Sederhana

Selain bahan-bahan di atas, Anda juga membutuhkan cetakan kue bolu dan sedikit margarin untuk olesan cetakan. Setelah semua alat dan bahan siap, Anda bisa langsung membuatnya. Ikuti langkah-langkah membuat bolu kukus di bawah ini:

    1. Olesi cetakan kue bolu dengan margarin, sisihkan.
    2. Buat adonan karamel dengan memasak kedua bahan di atas hingga mendidih. Pastikan adonan ini dingin sebelum digunakan. Karamel yang masih hangat atau panas dapat merusak seluruh adonan ketika dicampurkan.
    3. Ayak bahan-bahan campuran tepung secara bersamaan untuk mendapatkan bahan dasar adonan kue yang halus. Tepung yang halus bisa membuat kue mengembang sempurna dan punel. Setelah itu, aduk hingga bahan-bahan tersebut tercampur merata. Pastikan adonan karamel sudah dingin sebelum memasukkan campuran tepung ke dalamnya.
    4. Kocok semua bahan untuk adonan telur menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga menjadiadonan yang mengembang dan berwarna putih. Masukkan kocokan adonanke dalam campuran antara adonan karamel dan tepung. Mixerdengan kecepatan sedang.
    5. Tuang adonan yang telah tercampur rata ke dalam cetakan kue bolu dan kukus selama 20 menit atau hingga adonan tidak lengket. Caranya mengetahui apakah adonan sudah matang adalah dengan menusuk kue dengan tusuk sate atau garpu. Pastikan adonan tidak lengket ke tusuk sate atau garpu yang digunakan.
    6. Jika sudah dipastikan matang, angkat kue dan dinginkan selama 5 menit dalam suhu ruangan sebelum dikeluarkan dari cetakan.

 

Membuat Varian Kue Bolu kukus Lembut

Itulah cara membuat bolu kukus sederhana. Ada banyak lagi varian bolu yang bisa dicoba. Anda juga bisa membuat kue bolu yang lembut dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

 

Bahan Kue Bolu Lembut

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan adalah bahan kering, campuran kuning telur, dan bahan tambahan. Bahan kering terdiri dari:

        • 6 sendok makan penuh terigu serbaguna
        • 3 sendok makan penuh susu bubuk cokelat
        • ½ sendok teh baking powder

Bahan campuran kuning telur terdiri dari:

        • 2 butir kuning telur
        • 1 sendok teh SP
        • 6 sendok makan gula pasir
        • ½ sendok teh vanili bubuk

Bahan tambahan terdiri dari:

        • 2 putih telur
        • 3 sendok makan (1 saset) krimer kental manis cokelat
        • 6 sendok makan susu UHT atau susu cair
        • 6 sendok makan minyak sayur

 

Langkah Membuat Kue Bolu Kukus Lembut

    1. Kocok bahan campuran kuning telur menggunakan mixer berkecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Masukkan putih telur yang telah dikocok hingga mengembang.
    2. Setelah itu, masukkan beberapa bahan satu persatu sambil terus dicampur hingga merata. Tahapan ini dimulai dari krimer kental manis lalu bahan kering. Sebelum memasukkan bahan selanjutnya, pastikan sudah tidak ada gumpalan pada adonan. Lalu, masukkan susu cair dan diakhiri dengan minyak.
    3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah ditaburi sedikit terigu dan dilumuri minyak. Panggang adonan dalam oven pada suhu 150 hingga 160 derajat Celcius sekitar 30 menit atau hingga adonan tidak lengket.
    4. Anda juga bisa menggunakan teflon. Olesi teflon dengan terigu dan minyak sebelum menuang adonan ke dalamnya. Panggan di atas api kecil, lalu tutup teflon. Jika kue sudah tercium wangi, periksa kematangan kue.

 

Resep ini sangat cocok disajikan hangat di berbagai acara. Apakah Anda sudah siap membuatnya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here