Menulis konten yang berkualitas dan menarik akan membuat website Anda berada di puncak pencarian mesin pencari. Konten yang menarik dan orisinal akan berdampak positif pada website yang dikembangkan. Jika Anda ingin belajar dan membuat sendiri konten untuk website, coba terapkan cara membuat konten yang menarik. Bagaimana caranya? Yuk, disimak.

 

Tentukan Target Audiens

Cara pertama untuk menulis konten yang menarik dan berkualitas adalah dengan menentukan target audiens. Selain itu, tentukan apa yang audiens butuhkan. 

Dengan mengetahui informasi tersebut, Anda bisa menciptakan konten yang dapat menghibur, mendidik, dan bahkan memberi pengaruh terhadap pola pikir audiens. Akibatnya banyak pengunjung website yang ditargetkan tertarik untuk membaca konten.

Misalnya, jika website Anda mengkhususkan tentang fashion wanita, dan target audiens merupakan wanita yang berusia 18 sampai 40 tahun, maka konten yang ditulis haruslah mencerminkan tentang berbagai hal tentang tren mode terbaru fashion wanita.

Pastikan anda menguasai kategori yang anda pilih. Seperti contoh, jika anda mengerti dan menguasai tentang bisnis kuliner, tetapi dalam prakteknya anda menulis tentang bisnis travel. Hal ini akan membuat artikel anda tidak relevan dan tentunya pembahasan yang anda tulis tidak mendalam.  Usahakan membahas sesuai dengan bidang usaha yang anda tekuni. 

 

Tulis Konten yang Orisinal

Dalam menulis konten untuk website, pastikan konten yang dibuat harus orisinal karya sendiri. Biasanya Google bisa mengetahui konten yang dibuat orisinal atau jiplakan. Jangan sampai konten yang ditulis terdeteksi hasil jiplakan dari konten orang lain. 

Akibatnya Anda akan dinyatakan sebagai plagiat konten dan mendapat hukuman dari Google. Hukuman bisa berupa website kesulitan mendapat trafik sehingga kemungkinan pengunjung untuk berkunjung ke website sangat kecil.

 

Tulis Konten Singkat dan Mendetail

Cara selanjutnya agar menciptakan konten tulisan yang menarik dan berbobot adalah dengan menulis singkat, padat, dan meruncing terhadap tema yang ditulis. Tujuannya adalah agar menghindari kesalahan. 

Konten tulisan yang singkat dan meruncing akan membuat komposisi dalam konten penulisan menjadi lebih baik. Jika Anda kesulitan membuat tulisan singkat dan meruncing, coba gunakan teknik piramida terbalik.

Teknik Piramida Terbalik  adalah sebuah konsep menulis yang banyak digunakan dalam dunia jurnalis. Konsep ini selalu menempatkan informasi utama / Penting pada bagian awal artikel sehingga pembaca mudah mengerti apa yang disampaikan oleh penulis. Dari situ, pembaca akan menentukan apakah akan melanjutkan membaca atau tidak.

Membuat konten menggunakan teknik piramida terbalik di bagian awal umumnya berisi gambaran utama topik, di bagian tengah berisi informasi yang mendetail, dan di bagian akhir ditutup dengan kesimpulan.

 

Tambahkan Gambar dan Video

Para audiens yang membuka website biasanya menyukai informasi yang disertai dengan gambar, grafik, dan video. Gambar, grafik, dan video membantu Anda menyampaikan ilustrasi poin dengan cara yang lebih mudah dipahami. Ketika Anda menambahkan gambar atau video orang lain di konten, pastikan mencantumkan sumber foto atau video. 

Dalam sebuah bacaan yang berjudul Visual Content Vs Text Content, menyatakan bahwa mempersiapkan sebuah kontent dengan tema yang menarik dan gambar yang memiliki resolusi yang tinggi adalah cara terbaik untuk menyampaikan pesan kepada audiens anda. Mudahnya informasi yang bisa di dapat melalui media internet membuat waktu membaca menjadi berkurang, sehingga media media seperti Youtube, Facebook dan Instagram yang menampilkan banyak image dan video semakin digemari dan digunakan dalam mencari informasi.

Baca Juga: 5 Strategi Wajib Pemasaran Bisnis Online Shop Untuk UKM

 

Ciptakan Konten yang Memberikan Perspektif Baru

Menciptakan konten untuk website harusnya mampu memberikan perspektif baru atau engaging. Konten tersebut bisa berupa konten yang pengetahuan, menghibur, menginspirasi, atau bahkan bermanfaat bagi para audiens.

Bapak SEO Dunia Neil Patel, dalam pembahasannya yang berjudul the “The Nine Ingredient That Make Great Content” membahas ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat audiens anda tetap dalam artikel anda;

Pertanyaan – Memberikan sebuah pertanyaan kepada pembaca akan membuat pembaca berpikir kalau mereka sangat membutuhkan artikel ini. Pastikan anda memberikan informasi dengan pembahasan yang dalam untuk artikel tersebut. Jika artikel tersebut tidak relevan atau kurang komplit, maka pembaca akan segera pergi dan meninggalkan blog anda selamanya.

Kalimat Pembuka Yang Menarik – Sebuah kalimat pembuka  yang menarik dan mengundang akan membuat pembaca tetap dalam artikel anda untuk menghabiskan hal yang ingin anda sampaikan. Hal ini juga membantu pembaca apakah artikel yang anda berikan relevan atau tidak.

Story – Jika anda bercerita tentang sebuah bisnis, anda bisa menambahkan contoh “Kasus studi” atau “success Story” seseorang. Selain untuk mempertegas penjelasan artikel anda, hal ini juga akan membuat artikel anda semakin relevan dan menarik.

Selain itu, akan lebih baik jika Anda juga menyediakan konten yang dapat membuat audiens berkomentar. Dengan banyaknya komentar pada konten website, mesin pencari akan menganggap konten di website penting. Mesin pencari juga akan menganggap Anda selalu membarui konten website secara teratur.

 

Memiliki Konten yang Mudah Dibaca

Salah satu cara membuat konten yang menarik adalah konten harus mudah dibaca. Maksudnya adalah selain isi tulisan, Anda juga harus membuat desain dan format tulisan yang mudah dibaca. Beberapa hal mudah dan effektif yang bisa anda lakukan adalah;

Subheading – Pastikan untuk memberikan subheading dalam menjelaskan poin poin pembahasan. Dengan subheading yang baik, pembaca mengerti dari tujuan pembahasan.

Typo & Text – Pastikan anda menelusuri ulang tulisan anda sehingga tidak terjadi kesalahan tulis. Banyaknya salah tulis akan membuat kualitas artikel anda menjadi buruk dan kurang pengunjung. Pastikan juga tulisan tidak terlalu besar atau pun kecil. Selain itu warna teks dan latar belakang jangan sampai memiliki warna yang menggangu kenyamanan saat membaca.

Spasi – Spasi pada setiap Subheading akan membuat artikel anda enak dibaca. Hal ini juga membantu pembaca dalam membedakan poin satu dengan poin lainnya.

 

Memiliki Konsistensi dalam Meng-update Konten Website

Konsistensi dan komitmen sangat diperlukan jika Anda ingin membuat konten website yang berkualitas. Oleh karena itu, Anda harus selalu meng-update konten artikel secara berkala. Tujuannya agar banyak audiens baru berkunjung ke website dan informasi artikel anda juka tetap terupdate dengan situasi sekarang

Mesin pencari juga akan mudah mendeteksi website Anda jika Anda konsisten memublikasikan konten-konten secara berkala. Selain itu, memublikasikan tulisan di website secara berkala bisa meningkatkan SEO (Search Engine Optimization). Konten website Anda akan berada di puncak teratas mesin pencari. 

 

Bagaimana? Apakah sudah mendapatkan gambaran bagaimana cara menciptakan tulisan yang menarik? Cobalah terapkan cara membuat konten yang menarik dan berkualitas. Mulailah berlatih menulis. Semakin sering Anda praktik menulis, konten untuk website menjadi berkualitas. Para audiens akan senang berkunjung ke website Anda.  Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here