Pola Desain Baju Futsal – Olahraga futsal adalah olah raga yang digemari oleh rakyat Indonesia. Sebuah tim yang biasanya terdiri dari 6 orang berlaga untuk menunjukan skillnya menggiring bola ke gawang lawan. Bagi yang senang olah raga ini, memiliki sebuah desain Baju kaos futsal yang menunjukan identitas tim sangatlah dibutuhkan. Banyaknya peminat untuk membeli baju kaos futsal ini membuat banyak orang tertarik dengan membuat sebuah usaha membuat baju futsal. Ditambah lagi, teknologi digital printing memungkinkan pengusaha untuk mencetak dan membuat baju kaos satuan dengan harga yang sangat terjangkau.

Membuat sebuah Pola Kaos adalah sebuah keharusan bagi yang ingin berbisnis konvensi baju kaos. Pola baju ini nantinya akan digunakan untuk membuat desain yang keren dan menarik.

Untuk membuat pola desain baju futsal, dibutuhkan dua step sederhana, yaitu mempersiapkan garis bantu, dan menyatukan garis pada setiap sudutnya secara presisi. Berikut ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara membuat pola desain baju futsal.

Mempersiapkan Garis Bantu Pola Baju Futsal

Pertama bukalah lembar kerja baru di aplikasi adobe photoshop anda dengan File>New atau Ctrl+N. buatlah ukuran 75x120cm dengan resolusi 300pixel dan color mode cmyk.

Membuka Lembar Kerja Baru

Berikutnya gunakanlah rectangle tool untuk membuat kotak dengan ukuran 57,5×78,5cm. Letakkan di tengah-tengah lembar kerja anda, kemudian tariklah garis bantu pada keempat sisi kotak dengan menggunakan ruler pada sebelah kiri dan atas lembar kerja anda

Membuat Kotak

Tetap gunakan ruler dan buatlah kotak dengan ukuran lebih pendek 57,5×48,3cm. Letakkan pada garis bantu bawah yang anda buat tadi serta tambahkan garis bantu lagi pada bagian atas

Membuat Kotak Lagi

Buatlah kotak dengan ukuran 3,67×3,67cm. Letakkan pada garis bantu sebelah kiri dan kanan kemudian Tarik garis bantu lagi pada sisi lain kotak yang anda buat

Membuat Pola Desain Dengan Kotak Pola

Buatlah kotak dengan ukuran 5,95×5,95cm. Letakkan pada garis bantu bagian dalam dan tariklah garis bantu pada sisi kotak lainnya.

Tambahan Kotak Pola

Buatlah kotak lagi dengan ukuran 18,84×18,84cm dan letakkan sejajar pada garis bantu terluar. Tambahkan garis bantu lagi pada sisi lainnya.

Garis Bantu Untuk Pola Desain

Buatlah kotak lagi dengan ukuran 11,5×11,5cm letakkan sejajar pada garis bantu teratas serta tambahkan garis bantu pada sisi lainnya.

Pola Kotak Untuk Desain Baju Kaos Futsal

Buatlah kotak dengan ukuran 5,2×5,2cm letakkan sejajar pada garis bantu paling atas serta tambahkan garis bantu pada sisi lainnya.

Kotak Pola Pada Sisi

Menyatukan Garis Pola Pada Setiap Sudut Garis

Setelah semua garis bantu selesai anda buat, buatlah layer baru dengan mengetik Ctrl+Sift+N pada keyboard anda. Gunakan pen tool untuk membuat pola desain baju futsal anda.

Membuat Layer Baru

Gunakan Pen Tool

Buatlah 4 titik untuk menarik garis pada lembar kerja anda. Gunakan garis bantu pada bagian kiri, kanan terluar serta bagian bawah terbawah.

4 titik Pola Untuk Desain Baju Futsal

kemudian buatlah 3 titik lagi dari titik ke 4 ke atas. Untuk melengkungkan titik yang telah anda buat, drag titik yang anda buat.

3 Titik Tambahan

Tariklah garis lagi dari titik 6 ke titik 7,8, dan 9. Lengkungkan lagi antara titik 7 dan 8 serta 8 dan 9.

Menyatukan Titik Bagian Leher

tarik garis lagi dari tiik 9 ke titik 10, 11 dan 12. Lengkungkan lagi antara titik 10 dan 11 serta 11 dan 12. Pola yang anda buat tadi akan menyambung menjadi satu.

Menyatukan Garis Pola Bagian Lengan

Setelah anda selesai dengan pola anda, klik kanan pada pola di lembar kerja anda dan pilih make selection. Ganti Feather menjadi 0.

Setelah Garis Pola Selesai

Menyatukan Pola Desain

Setelah pola anda terseleksi klik kanan lagi kemudian pilih Stroke. Ganti Width nya dengan 5px, dengan warna hitam dan Location inside. Jadilah pola desain baju futsal bagian depan anda.

Pola Desain Bagian Depan

Sisi Depan Pada Pola

Bagian Depan Final

Membuat Pola desain baju Futsal Bagian Lengan

Langkah selanjutnya adalah membuat pola desain baju futsal pada bagian lengan.Buatlah garis bantu tepat di bagian tengah lembar kerja anda. Kemudian buatlah kotak menggunakan rectangle tool dengan ukuran 8,3×8,3cm. letakkan sejajar paling bawah pada lembar kerja anda dan tariklah garis bantu di atas kotak yang anda buat.

Pola Baju Bagian Lengan

buatlah kotak lagi dengan ukuran 22,23×22,23cm dan letakkan sejajar paling bawah lembar kerja anda kemudian tariklah garis bantu pada bagian atas kotak anda.

Kotak Pola Pada Lengan

Buatlah kotak lagi dengan ukuran 14,17×14,17cm pada pinggir kiri dan kanan lembar kerja anda dan tariklah garis bantu pada sisi lain garis bantu anda tadi.

Pola Desain Lengan

buatlah kotak lagi dengan ukuran 16,7×16,7cm letakkan pada kiri dan kanan lembar kerja anda dan Tarik garis bantu pada sisi lainnya.Bantuan Dalam Membuat Pola Desain Baju Futsal

Buat kotak lagi dengan ukuran 31,9×31,9cm letakkan di lembar kerja paling bawah dan tariklah garis bantu. Buatlah kotak lagi dengan ukuran 34x34cm dan letakkan pada bagian bawah lembar kerja serta Tarik garis bantu lagi

Membuat Garis Bantu

Menentukan titik Pola

Buatlah kotak dengan ukuran 0,64×0,64cm dan tariklah garis bantu. Setelah anda selesai membuat garis bantu lagi, buatlah layer baru dengan mengetik Ctrl+Sift+N.

Menarik Garis Bantu Pola

Menyatukan titik Garis Pola

Gunakanlah pen tool untuk membuat pola desain baju futsal pada bagian tangan. Tariklah garis dari titik 1,2,3 dan 4. Lengkungkan garis di antara titik 3 dan 4 dengan drag titiknya.

Drag Titik PolaTariklah garis lagi dari titik 4 ke titik 5 dan buatlah garis menjadi lengkungan di antaranya. Tarik lagi garis ke titik 6 dan 7.

Menyatukan titik Garis

Garis Pola Lengan

Kemudian Tarik garis lurus pada titik 7 dan 8 untuk menyampungkan polanya. Setelah itu klik kanan pada pola dan pilihlah make selection. Ubah feather menjadi 0.Finalisasi Pola Lengan

Menjadikan sebuah Pola Desain Baju Futsal Pada Bagian Lengan

Desain Pola Lengan

Setelah terseleksi klik kanan di dalam bagian yang terseleksi dan pilihlah stroke. Ganti width nya dengan 5px dan warnanya menjadi hitam serta pilih location nya menjadi inside. Pola bagian lengan baju futsal anda telah selesai.

Location Change to Inside

Pola Lengan Yang Sudah Hampir Selesai

Membuat Pola Jahit Pada Bagian Leher

Setelah anda selesai membuat pola desain baju futsal pada bagian lengan saatnya untuk membuat pola pada bagian jahitan leher. Gunakanlah rectangle tool dengan ukuran 50x4cm letakkan di bagian bawah pola lengan baju futsal. Kemudian buatlah layer baru dengan cara Ctrl+Sift+New. Setelah itu klik kanan pada kotak yang anda buat tadi dan pilihlah stroke dengan  width 5px, dan warna hitam serta location inside. Jadilah pola jahitan leher pada baju futsal anda.

Pola Jahitan

Alur Jahit Bagian leher

Pola Desain Jahit

Finishing Untuk Bagian Yang Di Jahit

Gambar Pola

Pola Desain Baju Futsal Bagian Belakang

Selanjutnya anda bisa membuat pola desain baju futsal bagian belakang. Terlebih dahulu anda harus menambahkan lembar kerja anda dengan cara pilih menu Image>Canvas Size atau Ctrl+Alt+C.  ganti width dengan ukuran 75cm dan pilihlah tanda panah pada bagian kiri.

Pola Desain Baju Futsal Bagian Belakang

Duplikat baju futsal bagian depan anda tadi dengan klik kanan pada layer dan pilihlah duplikat. Letakkan sejajar pada lembar kerja yang telah anda tambahkan tadi. Gunakan Rectangle tool dan hilangkan garis lengkung pada bagian lehernya tekan alt+backspace.

Duplikasi Pola

Menempelkan Pola Bagian Belakang

Menyimpan Hasil Desain Baju Futsal

Gunakan Line tool untuk menarik garis lurus pada bagian kerah yang telah anda hapus tadi. Pola baju futsal anda telah selesai dibuat. Simpanlah file anda dengan menggunakan format asli photosop dan dengan format PDF dengan cara File>Save As atau Ctrl+S.Menyelesaikan Semua Pola Desain

Menyimpan Hasil Desain Untuk Siap Cetak

Pastikan File Ready To PrintSiap Untuk Mendesain Pola Baju Futsal Keren

Pola desain yang sudah disimpan siap untuk didesain sesuai dengan keinginan pelanggan. Mesin Digital Printing Sublim memungkinkan seorang desainer untuk mendesain secara kustom sehingga setiap desain dapat memberikan sebuah perbedaan dan keunikan pada tim. Jika and ingin Download file ini bisa Klik Disini untuk mendapatkan file asli desain ini.  Semoga Penjelasan ini bermanfaat bagi para pelaku usaha digital printing sublim untuk membuat Baju Futsal. Salam Sukses

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here