Tidak ada yang bisa menolak lezatnya Sambal Matah Bali yang telah menjadi salah satu pelengkap makanan favorit berkat racikan khasnya. Tentunya, Anda setuju bahwa kuliner favorit akan selalu menjadi salah satu formula menjanjikan untuk memulai bisnis baru. Saatnya Anda juga meramaikan usaha kuliner yang kreatif dengan menu satu ini! Anda dapat memulainya dari informasi kami mengenai resep dan padanan menu yang bisa dijadikan inspirasi di sini.

 

Apa Itu Sambal Matah Bali dan Perbedaannya dengan Sambal Lain?

Sebagai kuliner khas Provinsi Bali, kata “matah” yang ada di dalamnya mempunyai arti “mentah” yang tidak terdengar berbeda jauh. Pengertian ini juga menjelaskan cara pembuatannya yang mempertahankan proses tanpa ulek atau goreng. Bahan mentah yang digunakan akan dipertahankan kesegarannya, menjadikan sambal khas Bali ini berbeda dari sambal-sambal lainnya. 

Selain lebih segar, tentunya kombinasi bahan-bahan mentah di dalam sambal yang satu ini juga berpengaruh positif untuk kesehatan. Seperti misalnya, bawang merah di dalamnya bisa menjadi anti-kanker berkat kandungan sulfurnya, sementara serai dapat melawan radikal bebas dan mengurangi peradangan. Bawang putih sendiri dapat membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat antioksidan dari zat Allicin di dalamnya. 

Saat ini, sambal matah tidak hanya digemari dan populer di Pulau Bali saja. Sudah banyak rumah makan lokal dan internasional di luar Bali yang menginkorporasi sambal ini di dalam barisan menu mereka. Tetapi, komposisinya yang unik terkadang membuatnya mirip dengan Sambal Dabu-dabu dari Manado yang juga tidak digoreng atau diulek.

Bila sambal matah hanya ada satu versi, Sambal Dabu-Dabu adalah sebaliknya. Anda mungkin pernah mendengar dabu-dabu kuning, dabu-dabu roa, atau dabu-dabu lilang yang paling terkenal. Sambal Dabu-Dabu juga tidak menggunakan daun jeruk, bawang putih, terasi, dan serai. Proses pembuatan dan cara penyajian kedua sambal ini juga berbeda, sehingga sambal matah tetap akan menjadi pilihan unik untuk bisnis kuliner Anda nanti.

 

Resep Sambal Matah Bali dan Variasinya

Sebagai pelengkap makanan seperti ikan bakar atau sate lilit, sambal ini memiliki cita rasa pedas yang sedikit asam berkat paduan jeruk limaunya. Karena sifatnya yang mentah dan segar, sambal matah tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari satu hari. Apalagi, sambal ini juga tidak bisa dipanaskan seperti makanan lainnya.

Selain bawang merah, bawang putih, dan serai, beberapa bahan mendasar lainnya dalam sambal matah adalah terasi, minyak kelapa, jeruk lemon, dan cabai merah. Jika Anda ingin sensasi yang lebih pedas untuk pelanggan, Anda bisa mengganti cabai merah dengan cabai rawit. Ambil bagian putih serai yang lebih beraroma, dan bakar terasi hingga harum. Jangan lupa untuk memanaskan minyak kelapa sebelum dituangkan ke campuran bahan-bahan tadi yang telah diiris kecil-kecil.

Jangan lupa untuk menambahkan gula dan garam untuk menyeimbangkan rasa, dan padukan dengan perasan jeruk nipis untuk sedikit sensasi asam. Setelah diaduk rata, siram semuanya dengan minyak panas sebentar untuk membuat aroma minyaknya meresap ke setiap bahan sambalnya.

Beberapa kreasi resep Sambal Matah Bali yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk bisnis kuliner adalah Sambal Matah Kecombrang. Jika Anda belum familiar dengan kecombrang, tanaman yang juga disebut dengan kecicang atau honje ini termasuk sebagai bumbu masak beraroma harum. Anda dapat menambahkan bahan ini dengan cara mengambil bagian batang dan kelopak bunganya yang masih muda.

Ada juga Tongkol Suwir Sambal Matah yang menggunakan irisan ikan tongkol di dalam campuran dasar bahan sambal matah. Mulailah dengan mencuci ikan tongkol hingga bersih sebelum melumurinya dengan garam, merica, dan perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis. Setelah dibiarkan beberapa menit, goreng ikan tongkol hingga keemasan dan kemudian suwir dagingnya kecil-kecil.

Anda juga bisa menambahkan tauge ke dalam dua resep variasi ini untuk tambahan rasa legit yang dapat memuaskan pelanggan nantinya. 

 

Menu yang Bisa Dipadu dengan Sambal Matah Bali

Bisnis kuliner Sambal Matah Bali Anda akan lebih menarik perhatian calon pembeli jika ada menu lainnya yang juga menggugah selera. Anda dapat memadukan sambal matah dengan menu populer seperti fish and chip atau steak daging sapi atau ayam. Sambal matah juga akan sangat lezat jika dipadukan dengan menu andalan ayam goreng atau sate!

 

Beberapa rumah makan sudah berinovasi kreatif dengan menaruh pilihan sambal matah di mie instan, spaghetti, dan rice box. Kalau begitu, menu apa yang akan Anda masukkan di bisnis kuliner Anda nantinya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here