Penyajian data dan informasi yang rumit ke dalam bentuk infografis umumnya lebih mudah dipahami oleh banyak orang. Apalagi jika secara visual grafik-grafik tersebut menarik pembaca untuk melihatnya. Dengan berkembangnya zaman, berbagai aplikasi pembuat infografis pun bermunculan. Berikut ini merupakan 5 aplikasi web cara membuat infografis yang kekinian yang bisa Anda gunakan. 

 

Easel.ly

Membuat informasi berupa data ke dalam bentuk visual menjadi semakin mudah dengan aplikasi web Easel.ly. Di aplikasi ini, Anda bisa membuat infografis yang keren dan menarik. Berbagai jenis template yang unik dan keren tersedia untuk mempermudah Anda membuat infografis. 

Keuntungan menggunakan Easel.ly adalah Anda akan mendapatkan akses ke perpustakaan Easel.ly secara langsung. Di perpustakaan inilah berbagai koleksi elemen-elemen desain, seperti panah, lingkaran, garis, dan teks dengan berbagai huruf (font), warna, gaya teks, ukuran, sampai dengan templat jadi yang kita bisa edit dengan mudah. 

Aplikasi web Easel.ly ini cocok untuk Anda yang ingin belajar membuat infografis secara gratis. Namun, jika Anda tertarik untuk menggunakan Easel.ly secara profesional, Anda bisa berlangganan dan membuat Akun Pro Easel.ly dengan merogoh kocek mulai dari Rp60.000 per bulan.

 

Canva

Salah satu aplikasi web keren yang bisa mengajarkan cara membuat infografis adalah Canva. Canva ini cukup canggih karena menyediakan berbagai keperluan desain. Berbagai fitur: ikon, font, perpustakaan gambar dan lain-lain tersedia lengkap. Fitur-fitur tersebut bisa digunakan untuk membuat infografis secara gratis seperti contoh;  presentasi, tulisan di media sosial, dan pastinya infografis.

Canva bahkan menyediakan ratusan fonts dan elemen desain secara gratis. Jika Anda tertarik untuk menggunakan Canva dengan elemen yang lebih beragam dan premium, Anda harus membayar sekitar Rp14.000-an. Aplikasi ini dapat digunakan dengan menginstal aplikasinya di ponsel pintar atau menggunakan browser internet via komputer atau laptop.

 

Venggage

Jika Anda mencari aplikasi web yang menawarkan kemudahan dan kesederhanaan dalam penggunaan, Venngage adalah pilihan yang tepat. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa memilih ratusan chart, template, tema, dan ikon. Anda bahkan bisa mengunggah background, gambar, bahkan merek milik diri sendiri. Semuanya bisa dimasukkan dan Infografis bisa dibuat dengan 3 langkah mudah.

Yang membuat aplikasi Venggage menarik adalah personalisasi yang keren dan produk infografis yang bisa digerakkan. Infografis yang dapat digerakkan secara visual lebih mudah menarik para pembaca secara luas. 

Semua infografis ini dapat dengan mudah dikuasai dalam waktu singkat. Semua pengguna aplikasi Venggage harus membayar menggunakan aplikasi, kecuali pengguna yang berstatus pelajar. Mereka bisa menggunakan aplikasi ini tanpa harus membayar.

 

Biteable

Aplikasi web Biteable ini sedikit berbeda dari aplikasi web yang telah disebutkan. Aplikasi ini menawarkan para penggunanya untuk membuat perangkat infografis dalam bentuk video berkualitas tinggi secara gratis. Hasil video tersebut dapat dibagikan ke berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan YouTube.

Biteable juga menyediakan berbagai gambar dengan kualitas tinggi dan lagu latar (soundtrack). Penyajian data menjadi lebih mudah dipahami karena infografis berbentuk video. Jadi, tak salah para pekerja kreatif memilih aplikasi ini untuk membuat infografis bagus dengan cepat. 

Biteable menyediakan versi gratis dan premium. Jika Anda tertarik menggunakannya secara premium, bersiap merogoh kocek Rp410.000 per bulan.

 

PiktoChart

Aplikasi terakhir yang cocok digunakan untuk membuat infografis adalah PiktoChart. PiktoChart ini dirancang untuk siapa saja, mulai dari desainer pemula hingga orang-orang yang sudah berkecimpung di dunia desain.

Kelebihan dari aplikasi PiktoChart ini adalah tools-nya mudah digunakan. Berbagai template pun dapat disesuaikan. Anda tinggal pilih format yang sesuai dengan yang diinginkan. Selain membuat infografis, PiktoChart juga bisa digunakan untuk membuat poster Infografis, slide presentasi, dan laporan. 

Aplikasi PiktoChart bisa digunakan secara gratis ataupun berbayar. Yang pasti, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih banyak dengan membayar. Bersiaplah menyiapkan bujet mulai dari Rp175.000 per bulan.

 

Inilah 5 aplikasi web cara membuat infografis yang keren dan kekinian. Coba gunakan dulu versi gratisnya. Bandingkan semua aplikasinya dan pilih yang sesuai dengan gaya Anda. Jika sesuai, gunakan versi berbayar agar Anda bisa mendapatkan tools dan template yang lengkap. Selamat berkarya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here