Ketika orang-orang berpikir poster, sebagian besar terfokus pada desainnya daripada bahan poster itu sendiri. Sementara memilih jenis bahan yang paling pas untuk percetakan poster juga mempengaruhi nilai artistik poster itu sendiri.

Panduan Memilih Bahan Poster

1. Apakah dipasang di dalam atau luar ruangan?

Sering kali poster di pasang di lingkungan yang bisa basah dan kena sinar matahari langsung. Bila demikian, maka bahan poster ideal luar ruangan yang digunakan harus bahan jenis outdoor. Supaya mampu bertahan lama di kondisi yang berdampak seperti itu.

2. Menyesuaikan Pencahayaan

Bahan poster yang dipilih disesuaikan dengan pencahayaan di area pemasangannya.

– Pencahayaan yang cerah, maka standarnya menggunakan bahan cetak dengan jenis atau lapisan doff/matte supaya mencegah silau.

– Pencahayaan yang rendah, maka standarnya menggunakan bahan cetak dengan jenis atau lapisan glossy supaya membuat desain poster terlihat berkilau dalam cahaya redup.

– Pencahayaan sedang, tentu mau menggunakan bahan doff/matte maupun glossy akan tetap berfungsi baik. Namun dapat mempertimbangkan bahan semi glossy supaya mengesankan dan agak berkilau.

3. Penggunaan jangka panjang atau jangka pendek

Pilih bahan poster dengan gramasi tinggi jika ingin memiliki masa awet yang lebih panjang. Namun jika menggunakannya untuk dalam ruangan atau indoor, biasanya peluang masa awetnya lebih besar. Poster dalam ruangan dengan bahan cetakan foto dan ditambah frame pada umumnya dapat bertahan hingga empat tahun atau lebih.

4. Bagaimana Pemasangan Poster Yang Ingin Diterapkan

Supaya tidak merusak properti Anda, poster dapat dipasang dengan digantung. Namun jika Anda tidak ingin membuat lubang pada dinding, coba poster dengan Bahan Stiker. Stiker dapat menempel dengan baik pada permukaan yang rata.

Jenis Bahan Poster

Kertas

Kertas merupakan bahan yang paling sering dipilih dalam beragan produk percetakan. Karena memiliki beragam jenis yang dapat dipilih, dari gramasi ringan hingga berat. Kertas-kertas dengan gramasi berat dapat dimanfaatkan untuk membuat poster supaya lebih murah.

Contoh jenis kertas yang bisa digunakan adalah Art Carton, Linen Jepang, Ivory, BW Carton, dan kertas-kertas dengan gramasi tinggi. Namun jenis kertas gramasi berapapun hanya cocok untuk indoor dan tidak tahan terhadap kelembaban maupun cuaca buruk. Sehingga pengaplikasian bahan kertas untuk poster sangat terbatas.

PVC

Pilihan yang canggih daripada sekedar kertas. Jika menggunakan untuk jangka pendek dan memprioritaskan nilai ekonomi, mungkin kurang cocok menggunakan bahan ini. Karena bahan PVC secara umum dianggap lebih mewah, namun sebenarnya sekarang ini PVC sudah tidak terlalu mahal. Bahan ini fleksibel namun kuat. PVC adalah pilihan bahan yang tepat supaya poster tahan lama. PVC juga tersedia dalam berbagai gramasi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Sehingga memungkinkan untuk menyesuaikan jenis PVC dengan kebutuhan Anda.

Pada umumnya semua jenis PVC cukup tahan lama, namun tentu saja perlu menggunakan gramasi paling berat atau tinggi jika ingin mengutamakan hal itu. Ada berbagai jenis PVC masing-masing cocok untuk indoor dan outdoor. Tidak masalah penggunaan cuaca buruk, karena beberapa jenis PVC dirancang khusus untuk menahan hujan dan cuaca panas matahari. Sehingga mampu menjaga warna cerahnya dalam kondisi prima.

Jenis PVC lainnya lebih cocok untuk penggunaan indoor. Tetapi perlu pertimbangkan pantulan dari pencahayaan. Maka dari itu, dapat dilapisi laminasi doff/matte di permukaannya.

Apapun jenis yang dipilih, PVC itu bagus. Anda akan mendapatkan hasil yang optimal. Bahan ini pun tidak mudah robek, maka tidak heran jika Magnetic Backdrop pun menggunakan bahan ini.

Canvas

Bahan poster ini biasanya lebih mahal daripada kertas biasa, namun masih tergolong ekonomis. Canvas tidak cukup tahan terhadap unsur-unsur cuaca seperti PVC, jadi tidak cocok untuk digunakan di outdoor. Selain itu, canvas tidak tahan gores seperti PVC. Meskipun cukup ringan dan mudah dibawa, perlu diperhatikan supaya tidak merusak permukaannya.

Ketika digunakan dalam indoor, Canvas sangat efektif dan bisa dipasang di area yang lembab, sehingga lebih tahan dibanding kertas biasa. Tampilan poster yang cerah dan jelas dapat dicapai dengan canvas, dengan hasil akhir yang berbeda dari bahan lain. Canvas mampu menghasilkan tampilan klasik dengan desain modern yang mungkin tidak ditemukan pada bahan lain seperti kertas.

Stiker Vinyl

Vinyl memiliki banyak keunggulan dibanding jenis stiker lainnya, sehingga cocok untuk bahan poster. Stiker ini juga bagus untuk ditempelkan pada bahan lain seperti Foamboard dan Polyfoam. Selain itu, stiker vinyl dapat bertahan ketika terkena air, berbeda dengan stiker lain seperti stiker kertas Cromo. Stiker kertas akan mudah hancur jika basah. Tidak hanya itu, stiker kertas akan mudah memudar, robek, dan lepas ketika basah, seperti kertas pada umumnya. Penambahan laminasi pun hanya melindingi bagian depan, bukan bagian perekatnya. Sehingga vinyl ini adalah bahan stiker paling ideal untuk poster Anda.

Albatros

Bahan ini semi kertas dan semi plastik, sangat cocok untuk bahan media promosi indoor. Karakteristik dari bahan albatros tipis, halus, dan mengkilap. Bahan ini adalah yang paling sering digunakan untuk X-Banner Indoor. Selain itu, dapat dikombinasikan dengan laminasi glossy maupun doff/matte. Bahan ini tidak mudah robek ketika ditarik dan tidak mudah kusut. Sehingga dapat digunakan untuk poster Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here