Mesin cutting sticker adalah mesin yang berfungsi untuk memotong kertas stiker atau jenis kertas lainnya yang mempunyai struktur serupa. Mesin ini juga dikenal dengan nama lain seperti cutting plotter, alat potong sticker motor, cutting sticker mobil, garskin, dan lainnya. Mesin cutting sticker biasanya digunakan pada perusahaan percetakan besar maupun kecil. Mesin ini dapat memotong banyak jenis bahan, beberapa bahan yang bisa dipotong oleh masa ini adalah kain polyflex, cutting sticker, sticker biasa, vinyl, stensil, polyflock, dan yang lainnya. Sehingga membuat mesin ini menjadi serba guna dan dapat di manfaatkan untuk beberapa keperluan. Namun tahukah Anda mesin ini memiliki banyak jenis? Berikut jenis -jenis mesin cutting sticker berdasarkan negara pembuatnya.

Mesin Cutting Sticker Asal Jepang

Mesin cutting sticker Jepang memiliki harga yang relatif lebih mahal, karena kualitas yang dihasilkan pun lebih baik di banding pabrika lain. Nah berikut ini beberapa merk mesin cutting sticker dari pabrikan jepang.

Roland

Roland dapat di bilang adalah mesin cutting sticker jepang pertama yang masuk ke Indonesia. Perusahan – perusahaan pada bidang percetakan yang sudah pernah memakai mesin ini biasanya loyal dan tidak mau ganti dengan merk lain. Roland merupakan mesin cutting sticker pabrikan Jepang yang memiliki harga paling tinggi dibandingkan mesin cutting sticker pabrikan jepang lainnya. Membeli mesin Roland sama seperti investasi jangka panjang. Untuk sparepart, roland termasuk yang paling banyak dan mudah didapat.

Mesin Cutting Sticker Roland

Mesin Roland memiliki dua tipe yaitu, Roland Camm-1 Gx-24 yang memiliki area potong 58,4cm, Roland Camm-1 Pro Gx-500 yang memiliki area potong 137,2cm dan yang terbaru Gs24 dengan area potong 58.4cm.

Kelebihan Roland:

-Bisa langsung memotong dari software Corel Draw

-Bisa countur-cut

-Didukung servo motor

-Hasil cutting yang berkualitas dan presisi

-Mata pisau yang mudah didapat

-Mempunyai sensor sehingga bisa langsung memotong hasil print

Mimaki

Mimaki merupakan mesin cutting sticker pabrikan Jepang dengan kualitas yang sangat baik, bahkan kualitasnya bisa dibilang setara dengan Roland. Bahkan beberapa kalangan menilai bahwa Mimaki memiliki kualitas yang lebih baik di banding Roland, dan harga yang lebih terjangkau. Selain itu dari sisi tampilan, Mimaki cukup elegan dan kokoh. Merk mikaki pada industri percetakan bisa dikatakan cukup besar.

Cutting Sticker Mesin Mimaki

Mesin Mikaki memiliki dua tipe yaitu Cg-60sriii yang memiliki area potong 60,6cm dan juga Mimaki Cg-130sriii yang memiliki area potong 137cm.

Kelebihan Mimaki:

-Bisa langsung memotong dari software Corel Draw

-Bisa countur-cut

-Didukung servo motor

-Memiliki kedalaman mata pisau atau force yang mencapai 500 gf, sehingga cocok untuk memotong jenis bahan yang agak tebal

-Bisa Print and Cut atau memotong bahan sesuai hasil print

-Harga yang relatif lebih murah

-Memotong dengan kecepatan yang tinggi

Graphtec

Graphtec pada awalnya adalah pabrikan Amerika namun sudah di beli oleh Jepang. Dan sudah banyak digunakan oleh perusahan baik kecil, menengah, maupun besar. Serta kualitas yang tidak perlu di ragukan lagi.

Mesin Graphtec Ce6000-60

Graphtec memiliki dua tipe yaitu Ce6000-60 yang memiliki area potong 60cm dan juga Ce6000-120 yang memiliki area potong 120cm.

Mesin Cutting Sticker Asal Amerika

Mesin cutting Amerika hanya memiliki satu jenis yaitu Silhouette              Cameo. Merk ini juga sudah cukup dikenal oleh kalangan pebisnis percetakan. Beberapa kalangan menyebut bahwa Silhouette adalah produk jepang, karena berada di bawah satu payung Graphtec.

Mesin Cutting Sticker Silhouette Cameo

Kelebihan Silhouette Cameo:

  • Hasil potong yang presisi
  • Support countur cut
  • Kualitas lebih baik dibandingkan mesin Cina
  • Didukung oleh software yang cukup baik

Mesin Cutting Sticker Asal China

Produk buatan China ini memiliki hasil dengan kualitas yang sangat bagus. Tak jarang para pebisnis percetakan menggunakan mesin dari pabrikan China. Berikut beberapa jenis mesin cutting pabrikan China.

Jinka

Jika Anda sudah biasa dengan dunia cutting sticker tentu saja tidak akan asing dengan merk ini. Dia merupakan salah satu mesin cutting sticker terbaik dikelasnya. Sehingga tidak heran banyak sekali pengusaha cutting sticker menggunakan merk Jinka ini.

Mesin Jinka 361

Jinka memiliki tiga tipe yaitu, Jinka 361 dengan area potong 30cm, Jinka 721 dengan area potong 60cm dan juga Jinka 1351 dengan area potong 120cm. Dan sekitar satu tahun terakhir, Jinka mengeluarkan tipe terbaru yaitu tipe XL. Tipe XL memiliki banyak keunggulan dibandingkan tipe Jinka standar. Ada tiga pilihan Jinka tipe Xl yaitu Jinka Xl451E dengan area potong 40 cm, Jinka Xl721E dengan area potong 60 cm dan Jinka Xl1351E dengan area potong 120 cm.

Kelebihan Jinka:

-Mesin yang bandel dan tahan lama. Bahkan ada yang memakai hingga bertahun-tahun masih berfungsi dengan baik

-Harga yang relatif murah, dibandingkan dengan produk Jepang

-Mata pisau menggunakan merk roland

-Banyak digunakan oleh para pengusaha sehingga menjadi patokan kepercayaan

Redsail

Bisa di bilang Redsail adalah mesin cutting sticker pabrikan China yang pertama kali masuk ke Indonesia. Sehingga tidak heran jika Redsail merupakan salah saru brand paling di cari, dan tidak jarang banyak bilang bahwa Redsail lebih baik dibandingkan Jinka.

Redsail memiliki 3 tipe yaitu, Rs500c dengan area potong 40cm, Rs700c dengan area potong 60cm dan juga Rs1360c dengan area potong 120cm.

Mesin Cutting Sticker Redsail Rs1360c

Kelebihan Redsail:

-Mesin yang bandel dan tahan lama. kualitasnya bisa disamakan dengan Jinka

-Harga yang relatif murah, dibandingkan dengan produk Jepang

-Mata pisau menggunakan merk roland

-Merupakan mesin pendahulu di kalangan mesin cutting sticker Cina lainnya

Teneth

Kualitas mesin ini setara dengan Jinka XL namun dengan harga yang lebih mahal. Dan dari sisi tampilan Teneth cukup menarik dan elegan.

Teneth memiliki 3 tipe yaitu, Th440 dengan area potong 30cm, Th740 dengan area potong 60cm dan juga Th1330 dengan area potong 120cm.

Mesin Tenneth Th1330

Kelebihan Teneth:

-Mesin yang bandel dan tahan lama. kualitasnya bisa disamakan dengan Jinka XL

-Mata pisau menggunakan merk roland

Mesin Cutting Asal Taiwan

Ada satu pabrikan mesin cutting di Taiwan yang memproduksi tiga jenis mesin cutting sticker produk Taiwan, ketiga jenis ini adalah jenis produk dari perusahaan besar bernama GCC. Perusahaan yang bergerak pada bidang produksi mesin percetakan yang berbasis di Taiwan. GCC sudah memasarkan produknya ke wilayah Eropa dan juga Amerika selam 15 tahun terakhir dan produknya tersebut dapat di terima dengan baik.

I Craft

Cutting Sticker Mesin I Craft

I Craft adalah salah satu produk mesin cutting sticker pabrikan GCC. Bisa dikatakan kualitas I Craft setara dengan Silhouette Cameo. Hanya I Craft terbaru bisa langsung memotong melalui software Corel Draw, sementara Silhouette Came belum support. Namun dari sisi tampilan, I Craft tidak seelegan mesin cutting sticker silhouette cameo. I Craft memiliki area potong sebesar 30 cm.

Expert

Mesin cutting sticker Expert  dari GCC  adalah pilihan terbaik bagi perusahaan cutting sticker yang mengandalkan kecepatan, kualitas yang baik, dan juga mesin yang tahan banting.

Mesin Expert memiliki 4 tipe yaitu, expert 24 dan expert 24LX untuk area potong 60 cm yang sudah di lengkapi dengan sensor. Expert 52 dan expert 52LX untuk area potong 120 cm yang sudah di lengkapi dengan sensor.

Mesin Expert 24LX

Kelebihan Expert:

-Bisa memotong langsung dari corel draw

-Hasil cutting yang bisa disamakan dengan hasil cutting mesin-mesin Jepang

-Harga yang relatif lebih murah dibandingkan mesin Jepang. Namun sedikit lebih mahal dibandingkan mesin Cina

Puma

Mesin Puma P3-132s

Puma adalah mesin cutting sticker dari GCC yang masuk dalam kategori Elite. Puma kini menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin memiliki mesin berkualitas dengan harga yang relatif lebih murah. Untuk kualitas, anda tidak perlu ragu dengan kualitas Puma.

Puma memiliki dua tipe yaitu Puma P3-60  dengan area potong 60cm dan Puma P3-132s dengan area potong 120cm.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here