Presentasi merupakan kegiatan berbicara di dapan orang banyak atau salah satu bentuk komunikasi. Presentasi adalah topik pengajuan kegiatan, pendapat atau informasi kepada orang lain. Tidak seperti pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dilakukan di bisnis pertunjukan.

Tujuan dari presentasi adalah untuk membujuk, untuk menginformasikan, atau juga untuk menyakinkan. Berbicara depan banyak orang bukan lah hal yang mudah untuk di lakukan, sehingga diperlukan latihan agar anda terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak. Banyak presiden, manajer, tenaga penjual, dan seorang guru yang menjadi terkenal melalui presentasinya. Sebelum mengenal manfaat presentasi, perlu untuk diketahui dulu beberapa macam jenis presentasi.

Macam – Macam Jenis Presentasi

  • Presentasi Dadakan, merupakan presentasi yang dilakukan dengan tanpa persiapan. Disini anda di tuntut agar dapat menguasai materi secara spontan.
  • Presentasi Tanpa Text, merupakan sebuah presentasi yang dilakukan dengan cara menghafal materi text yang sudah di sediakan atau di siapkan.
  • Presentasi Naskah, merupakan  presentasi yang di lakukan dengan cara membaca naskah yang tersedia pada sebuah kertas kecil atau pada papan tulis atau layer yang sudah di sediakan untuk para audience.

Tujuan Umum Presentasi

  • Untuk memberi informasi. Ini tujuan umum presentasi adalah seperti menginformasikan ide, pemikiran, produk, program, atau pun topik tertentu.
  • Untuk membujuk atau meyakinkan.
  • Untuk memberi hiburan.
  • Untuk memotivasi, seperti motivator atau atasan kepada bawahan, guru kepada murid, dosen kepada mahasiswa, ataupun yang lainnya.
  • Untuk memberi inspirasi
  • Untuk mempromosikan produk pada calon pembeli.

Manfaat Presentasi

Richard West & Lynn H. Turner menjelaskan di Amerika mempelajari presentasi dan komunikasi secara umum sangat penting, alasannya : Pertama, kompetensi dalam komunikasi lisan dalam berbicara dan mendengar merupakan prasyarat bagi kesuksesan akademik, personal dan professional mahasiswa dalam hidupnya. Kedua, keahlian komunikasi sangat penting dalam mendapatkan dan mempertahankan pekerjaan. Ketiga, ketika seseorang berbicara di hadapan sebuah kelompok, informasi itu akan bergema melampaui kelompok tersebut. Lebih lanjut lagi, presentasi memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Sebagai bahan paparan suatu produk
  2. Media pembantu untuk penjabaran dari materi pelajaran sekolah atau suatu projek kerja.
  3. Memberikan kesan professional atau ekslusif
  4. Audience biasanya akan lebih jelas jika disertai dengan media gambar dari presentasi itu sendiri
  5. Memberikan latihan mental pada sang pembawa presentasi tersebut

Itulah sedikit penjelasan mengenai macam dan manfaat dari presentasi. Kemampuan presentasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Maka dari itu, berusahalah untuk melatih kemampuan presentasi dan membuat presentasi menarik agar audiens tidak bosan menikmati presentasi Anda. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here