Pengertian Brosur

Brosur merupakan salah satu media yang digunakan untuk dapat menyampaikan promosi. Brosur berfungsi untuk memberikan informasi produk yang ditawarkan kepada calon konsumen. Tidak hanya informasi namun juga penawaran mengenai produk atau jasa tersebut. Atau definisi lain dari brosur adalah produk resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berbentuk cetakan berisi berbagai macam informasi mengenai produk, layanan, program, dan sebagainya yang ditujukan kepada pasar atau konsumen. Brosur akan dibagi secara cuma – cuma kepada masyarakat dengan harapan mereka akan melihat dan mengetahui produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Desain pada brosur pun haruslah semenarik mungkin sehingga orang atau masyarakat yang menerimanya akan tertarik untuk melihat brosur dari perusahaan tersebut. Biasanya informasi yang diberikan dalam brosur harus jelas sehingga informasi atau pesan yang ingin disampaikan dapat diterima dengan baik.

Ciri – Ciri Brosur

  • Pernyataan Pesan Selalu Tunggal.
  • Dibuat bertujuan untuk menginformasikan, mengedukasi, dan membujuk atau pun mempengaruhi orang untuk membeli barang dari pesan yang telah di sampaikan.
  • Di terbitkan hanya sekali, namun tetap bisa di cetak ulang berkali – kali baik dengan di perbarui maupun tidak di perbarui.
  • Memiliki system distribusi sendiri dan bukan merupakan dari bagian media yang lainnya.
  • Copynya harus jelasa serta desainnya haruslah menarik.

Tujuan Brosur

  1. Information (informasi)
  2. Promotion (promosi)
  3. To increase attractiveness for a product (Untuk meningkatkan daya tarik suatu produk)
  4. As an identy for a product ( Sebagai identitas untuk suatu produk )

Manfaat Brosur

  1. Sebagai media yang memberikan sebuah informasi kepada para konsumen yang berkaitan dengan perusahaan. Dimana informasi itu sendiri berkaitan dengan presentasi dari perusahaan, produk baru dari perusahaan atau juga layanan yang lain yang diberikan perusahaan tersebut yang ingin ditawarkan.
  2. Sebagai alat iklan ataupun juga alat promosi, yang menarik serta juga memungkinkan untuk mempromosikan satu atau lebih produk atau juga jasa.
  3. Desain dari sebuah brosur yang baik yang memungkinkan untuk dapat mempertahankan sebuah kriteria dari seluruh brosur dari perusahaan tersebut. Kriteria yang terkadang sering disebut dengan konsep yang kemudian disatukan ke dalam seluruh jenis brosur, yang akan menjadikan perusahaan tersebut teridentifikasi dengan mudah.

Contoh Brosur

Brosur tersedia dalam beberapa ukuran yang memungkinkan desain dibuat dengan unik dan menarik perhatian pembaca. Ukuran brosur yang sering digunakan adalah ukuran A4, A5, dan ukuran DL. Berikut contoh-contoh brosur.

Contoh Brosur Lipat 2
Brosur Lipat 2
Contoh Brosur Lipat 3
Brosur Lipat 3
Contoh Brosur Lipat 4
Brosur Lipat 4

Itulah pengertian brosur, ciri, tujuan, manfaat, dan contoh dari brosur itu sendiri. Brosur merupakan alat untuk beriklan yang digunakan dari dulu hingga sekarang karena memiliki tingkat efisien yang tinggi dibandingkan media promosi lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here