Sekarang ini bisnis memiliki lebih banyak cara promosi dari sebelumnya. Baik promosi secara laring ataupun daring, keduanya bisa dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan pemasaran dalam upaya membangun merek bisnis. Salah satunya ialah melalui booklet. Fungsi booklet dapat dipergunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari untuk promosi hingga penggunaan pribadi.

Apa Itu Pengertian Booklet?

Booklet adalah beberapa lembaran berupa kertas yang dapat digabungkan, dilipat, dan dibentuk / dijilid untuk dijadikan sebuah buku. Buku ini sering digunakan untuk mempromosikan merek, produk, dan layanan bisnis.

Perusahaan dapat mencetak booklet ini untuk memamerkan produk mereka, dengan cara yang kreatif, menarik, dan profesional. Meskipun harganya terjangkau, booklet dapat dibuat tampak profesional. Tentu dengan bantuan desain grafis yang efektif. Bagi para pelanggan pun, booklet juga membantu mereka sebagai cara praktis mendapatkan informasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Dengan demikian, tentu booklet dapat sepenuhnya menginformasikan, mendidik, dan menunjukkan mengapa sebuah bisnis lebih unggul dari kompetitor.

Meksipun sekarang ini, iklan semacam booklet ini bisa dilakukan secara offline dengan memberikan file booklet PDF ke pelanggan, bisa melalui email atau link download di situs web perusahaan. Itu tidak akan seefektif dengan mencetak booklet dalam format buku fisik. Dan perlu diingat banyak orang cenderung lebih menyukai membaca materi dalam bentuk buku cetak daripada Ebook yang diunduh.

Sebagian besar orang membaca Ebook karena tidak memerlukan biaya cetak, jika mereka mendapatkannya dalam bentuk buku kemungkinan besar mereka tidak akan menolak. Sehingga bagi perusahaan, dengan mencetak  booklet dapat menjadikannya sebagai tindakan promosi untuk meyakinkan pelanggan terkait bisnisnya.

Apa Saja Fungsi Booklet?

Seringkali kita memiliki banyak informasi yang ingin disampaikan dan satu halaman saja tidak cukup. Nah di situ adalah fungsi utama booklet ini. Booklet merupakan solusi optimal untuk menampilkan banyak informasi yang ingin disampaikan. Ciri-ciri booklet ini juga bisa dikustom dalam berbagai jumlah halaman, standarnya adalah 8 hingga 48 halaman, dan ukurannya bisa dipersonalisasi sesuai keinginan. Berkaca dari situ, booklet memiliki fungsi lebih luas, contohnya adalah sebagai berikut.

1. Sebagai Media Promosi Langsung

Dengan cukup banyak ruang yang dimiliki, fungsi booklet bisa digunakan untuk membuat sebuah narasi promosi. Narasi bisa dimulai dengan semacam persoalan umum, lalu makin lama menuju ke penjelasan spesifikasi produk, kelebihan produk, dan bagaimana persoalan tersebut diatasi dengan produk yang ditawarkan.

Dengan demikian, konsumen bisa memahami semua informasi yang disampaikan dengan lebih mudah. Yang perlu dipastikan dalam membuat narasi adalah, kata-kata yang digunakan pada booklet adalah bahasa sehari-hari yang mudah dipahami. Tidak perlu menggunakan bahasa-bahasa intelektual dan filosofis.

2. Sebagai Katalog Produk

Booklet dapat dimanfaatkan untuk membuat daftar produk dengan deskripsi dan harganya secara lengkap. Katalog ini dapat digunakan untuk mempromosikan bisnis di acara-acara khusus. Dengan informasi yang rinci dan dilengkapi dengan gambar produk menarik, audiens akan lebih tertarik dan mempercepat keinginan untuk memiliki produk.

3. Sebagai Company Profile

Dari sekian banyak perusahaan, kebanyakan dari mereka mencetak company profile dalam bentuk booklet. Mereka bisa memasukkan banyak informasi keuangan, kinerja perusahaan, visi dan misi, dan menggabungkan informasi-informasi lain dengan mudah. Dengan booklet company profile yang efektif, dapat membantu perusahaan untuk memenangkan persaingan pasar, mendapatkan investor, dan membangun reputasi bisnisnya.

4. Sebagai Manual Book

Manual book atau buku panduan untuk konsumen untuk menggunakan sebuah produk, yang biasa diselipkan di produk-produk elektronik biasanya diproduksi dalam format booklet. Itu penting bagi jenis-jenis produk yang memerlukan intruksi penggunaan atau instalasi khusus. Dengan adanya booklet manual book, perusahaan tidak perlu mengirimkan teknisi mereka untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sebetulnya ringan dan bisa dilakukan orang biasa tanpa keahlian teknis.

Masih banyak lagi sebetulnya fungsi dari booklet, tetapi fungsi utama adalah tadi, untuk memuat informasi yang  terlalu kecil bagi selembar halaman kertas.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here