Membuka usaha percetakan sangatlah menggiurkan. Ini dikarenakan semakin banyak usaha – usaha atau perusahaan yang muncul, maka semakin banyak pula media periklanan. Karena media periklanan sangatlah membantu dalam hal promosi produk perusahaan ataupun media komunikasi sebagai penentu keberhasilan perusahaan. Namun banyak dan tak jarang orang yang sulit membedakan perbedaan antara brosur, pamflet dan leaflet itu sendiri. Sekilas memang mirip sekali namun dari ke tiga tersebut memiliki perbedaan. Pada artikel kali ini akan membahas perbedaan brosur, pamflet dan leaflet itu sendiri.

Brosur

Brosur adalah suatu alat untuk mempromosikan atau menyampaikan informasi tentang barang, jasa, dan lain — lainnya. Tidak hanya informasi namun juga penawaran mengenai produk atau jasa tersebut. Definisi lain dari brosur adalah produk resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berbentuk cetakan berisi berbagai macam informasi mengenai produk, layanan, program, dan sebagainya yang ditujukan kepada pasar atau konsumen. Ukuran brosur biasanya dibuat seukuran buku agar tidak menyusahkan saat dibawa.

Pamflet

Pamphlet (pamflet) adalah semacam booklet (buku kecil) yang tak berjilid. Mungkin hanya terdiri dari satu lembar yang dicetak di kedua permukaannya. Tapi bisa juga dilipat di bagian tengahnya sehingga menjadi empat halaman. Atau bisa juga dilipat tiga sampai empat kali hingga menjadi beberapa halaman. Jika dilipat menjadi empat, pamphlet itu memiliki nama tersendiri yaitu leaflet. Pamphlet pertama kali diperkenalkan pada tahun 1387 sebagai “pamphilet atau “panffet’ yang mengikuti kepopuleran komik satir saat itu berjudul Phamphilus, Seu de Amore. Phampilus artinya dicintai semua orang.

Leaflet

Leaflet adalah suatu alat promosi atau pemasaran yang dicetak pada selembar kertas, yang umumnya mengunakan art paper atau art carton, dan memiliki dua atau lebih lipatan. Di dalam leaflet sendiri biasanya berisikan informasi singkat mengenai suatu program, usaha, atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang pemilik atau badan usaha, terkait dengan produk, jasa, atau acara yang mereka tawarkan. Ukuran sebuah leaflet tidaklah terlalu besar, namun tidak pula begitu kecil yakni sekitar 20-30cm.

Perbedaan Brosur, Pamflet dan Leaflet

Namun dari ke tiga jenis tersebut tentunya memiliki ciri – ciri dan perbedaannya. Nah ini lah perbedaan brosur, pamphlet, dan leaflet :

  1. Brosur : Ukurannya mulai dari satu halaman kertas folio atau A4 yang dilipat atau di jilid.
  2. Pamflet : Ukurannya mulai dari satu halaman kertas folio atau A4 dengan dan tanpa lipatan, tanpa jilid, dan di cetak bolak balik.
  3. Leaflet : Ukuran kertas yang kecil, sama dengan pamflet namun menggunakan kertas yang lebih kecil atau dapat di bilang Pamflet yang di lipat empat. Yang membedakannya hanya dari ukurannya tersebut.

Promosi pada suatu perusahaan mengenai produk atau jasa yang mereka punyai memang sangatlah penting. Sebelum membuat promosi pada media cetak, ada baiknya untuk mengetahui dulu jenis dan perbedaan – perbedaan dari media promosi tersebut. Pastikan materi apa yang ingin dimasukkan kedalamnya cocok sehingga promosi dapat berjalan efektif dan informasi yang ingin disampaikan dapat tersampaikan dengan baik. Selain perusahaan, pemilik usaha percetakan pun harus sangat mengetahui perbedaan – perbedaan dari media promosi tersebut karena perusahaan percetakanlah yang berfungsi sebagai penyedia jasa tersebut. Sekian artikel ini mengenai perbedaan brosur, pamflet, dan leaflet. Semoga bermanfaat bagi Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here