Ingin serius terjun di bisnis barang impor? Anda bisa memulainya dengan mencoba mengimpor produk-produk dari China. Bisnis importir barang dari China ini cukup menjanjikan. 

Namun, sebelum terjun langsung ke bisnis ini, pastikan Anda mengetahui seluk beluk dunia pengimporan melalui tips-tips jitu ini. Apa saja tipsnya? Yuk, disimak.

 

Cari Tahu Target Pasar

Tips pertama yang bisa Anda coba adalah cari tahu jenis pasar yang Anda targetkan. Anda perlu memahami jenis pasar yang ingin dituju. Tujuannya agar saat memulai bisnis impor barang, cara pemasaran yang digunakan dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran. 

Namun, jika Anda belum mengetahui target pasar yang dituju, Anda bisa memulai dengan berbisnis barang impor dari hobi atau hal yang disukai. Lalu anda harus mempelajari apakah target pembeli untuk barang yang Anda sukai ini cukup luas atau tidak.

 

Pilih Jenis Produk yang Cocok dengan Target Pasar

Ada banyak jenis produk yang bisa diimpor dari China, seperti mainan anak-anak, produk fashion, produk kebutuhan rumah tangga, atau produk unik dan lucu. Pilih produk yang sesuai dengan target pasar yang telah anda tetapkan. 

Jika Anda mengkhususkan target pembeli kepada ibu rumah tangga, produk kebutuhan rumah tangga impor dari China bisa menjadi pilihan yang tepat. Produk kebutuhan rumah tangga dari China ini memiliki berbagai variasi, seperti peralatan dapur, pemotong buah dan sayur, hingga rak khusus dapur tersedia. Tinggal Anda cari produk China Home Daily yang ingin diimpor.

Baca Juga: 10 Varian Produk Untuk Usaha Mainan Anak Beromzet Besar

 

Pilih Produk yang Memiliki Risiko Rendah

Saat memulai bisnis, sudah menjadi hal lumrah memiliki pemikiran takut gagal. Bahkan Elon Musk, CEO SpaceX dan founder Tesla Motor mengatakan, “Di sini, gagal adalah pilihan. Jika sesuatu tidak gagal, berarti Anda kurang berinovasi.” Namun, tidak ada salahnya Anda mencoba meminimalkan kegagalan.

Tips selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah pilih produk barang impor yang memiliki risiko rendah. Jangan mengimpor barang yang akan merugikan Anda dan orang lain. Pilih produk rumah tangga atau produk fashion karena memiliki resiko lebih kecil. 

Sebagai referensi, Hindari mengimpor barang dari china yang memiliki :

    1. Kadaluarsa Yang Cepat – saat memulai usaha impor, anda tidak tahu seberapa cepat anda dapat menjual barang yang anda beli, oleh karena itu, carilah barang yang memiliki durasi kadaluarsa yang panjang.
    2. Mudah Pecah – Tentunya anda tidak tau seberapa profesionalnya agen logistik anda dalam menangani barang anda, oleh karena itu disarankan untuk mencari barang yang tidak mudah pecah.

Jika produk yang anda pilih memiliki resiko untuk rusak pada saat perjalanan, pastikan anda menginformasikan dengan vendor anda untuk melakukan pengemasan yang baik. Pengemasan yang baik biasanya menggunakan bubble yang tebal dan box styrofoam.

 

Pahami Peraturan Undang-Undang tentang Bisnis Impor

Jika Anda serius terjun dalam bisnis importir barang dari China, pastikan Anda memahami peraturan perundang-undangan Pabean di Indonesia dan di China. Jangan sampai Anda mengalami kerugian karena ketidaktahuan tentang peraturan dan hukum di Indonesia.Beberapa peraturan yang perlu anda pahami adalah ketentuan Impor barang kiriman, standarisasi dan penilaian keseuaian (SNI), dan badan pengawas obat dan makanan (BPOM). Selain berisiko kehilangan uang, Anda bisa ditangkap karena melakukan pengimporan yang tidak sesuai dengan undang-undang alias ilegal.

 

Pilih Produk yang Autentik

Banyak perusahaan China memproduksi barang kw atau palsu dari barang-barang merek terkenal. Hindari mengimpor barang kw atau palsu. Tujuannya agar Anda tidak tersandung dengan masalah peraturan dan hukum tentang hak paten. Jangan sampai barang yang diimpor ke Indonesia disegel dan disita oleh Pejabat Bea dan Cukai. 

Bayangkan berapa banyak kerugian yang diderita atas penyegelan dan penyitaan? Oleh karena itu, pilihlah produk dengan merek asli China. Selain terhindar dari masalah hukum, Anda menjual produk impor otentik asli buatan China.

 

Cari Supplier yang Tepercaya

Permasalahan yang sering terjadi saat mencoba berbisnis impor barang dari China adalah kesulitan mencari supplier yang tepercaya. Banyak sekali importir yang terkena penipuan, Supplier tidak mengirimkan barang yang di janjikan kepada pembeli. Untuk menghindari risiko bertemu dengan supplier nakal, Anda bisa mengajukan trade insurance di aplikasi Aliexpress atau Alibaba. 

Selain itu, pastikan supplier yang bekerja sama dengan Anda di marketplace tersebut memiliki reputasi baik. Hal ini biasanya ditandai dengan gold verified. 

 

Gunakan Jalur Online

Ada berbagai banyak jalur untuk mengimpor produk dari China. Salah satunya melalui jalur online. Dengan menggunakan jalur online, seperti jalur marketplace online, misalnya Alibaba.com, Anda bisa mendapatkan produk-produk China yang diinginkan. 

Selain itu, jalur online lebih praktis dan mudah. Anda tidak perlu mengurus berbagai dokumen atau membutuhkan prosedur apa pun. Biaya pengiriman barang untuk sampai ke Indonesia pun telah ditanggung oleh pihak toko online atau marketplace

 

Demikianlah, beberapa tips jitu agar berhasil dalam bisnis importir barang dari China ini. Jika Anda masih ragu, ada baiknya konsultasikan kepada orang-orang yang sudah berpengalaman dalam menjalankan bisnis ini. Semoga berhasil!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here