Sekarang ini presentasi bisa sangat berpengaruh untuk berbagai keperluan, baik itu akademik ataupun bisnis. Namun presentasi kadang-kadang tidak dilakukan hanya dengan public speaking, ada kalanya membutuhkan visual untuk menarik audiens.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat audiens tetap berpartisipasi pada presentasi Anda. Salah satunya adalah menambahkan elemen-elemen grafis untuk membuat tampilan presentasi menjadi lebih menarik. Untuk mendapatkan elemen-elemen tersebut tidak harus membayar, karena  beberapa situs menyediakannya secara gratis dan mudah digunakan. Jika Anda ingin mengunduhnya, maka bisa memilih dari salah satu di bawah ini sesuai dengan yang Anda butuhkan.

1. Slideshare

Bagi para mahasiswa pasti sudah tidak asing dengan situs ini. Slideshare ini bisa dimanfaatkan untuk berbagi dan mengunduh file presentasi dengan berbagai format. Antara lain adalah file dengan format PowerPoint, PDF, Keynote, atau OpenDocument. Lalu dengan berbagai kategori pembahasan dan dengan jumlah yang sangat banyak.

2. Flaticon

Flaticon adalah situs penyedia beragam jenis ikon yang bisa digunakan untuk desain grafis maupun presentasi. Ada beberapa format file berbeda yang ditawarkan oleh Flaticon, diantaranya adalah PNG, SVG, ESP dan PSD. Anda hanya perlu memasukkan nama ikon yang ingin Anda gunakan, maka akan ditampilkan dan bisa diunduh dengan mudah. Ikon-ikon ini bisa dimanfaatkan untuk membuat visual presentasi semakin menarik dan tampak profesional.

3. Pinterest

Bagi yang suka mencari konten berbasis gambar mungkin sudah tidak asing dengan situs ini. Banyak sekali konten gambar yang tersedia di Pinterest, dari mulai Fotografi, Fesyen, Desain, Teknologi, hingga materi untuk presentasi. Situs ini juga cocok untuk pekerja seni yang sedang kehabisan ide untuk membuat karya yang bagus, karena banyak konten inspiratif di dalamnya. Bisa sekadar untuk dilihat-lihat maupun untuk diunduh.

4. Pexels

Jika selama ini Anda hanya menggunakan Google untuk mencari gambar untuk materi presentasi. Mungkin dapat mencoba Pexels ini. Tentu gambar disediakan tidak selengkap Google Images. Tetapi gambar yang ditemukan biasanya lebih relevan dan dengan resolusi tinggi. Itu tidak selalu demikian dengan Google, yang mana mereka menyediakan resolusi gambar mulai dari yang kecil hingga besar secara random. Yang mana gambar resolusi kecil tersebut perlu diseleksi satu-satu, jika tidak dan asal menggunakannya begitu saja, maka bisa tampak blur.

5.  Stokvault

Stockvault merupakan situs yang serupa dengan Pexels. Banyak gambar-gambar di Stockvault merupakan hasil karya dari fotografer-fotografer handal. Perbedaannya dengan Pexels, di situs ini, Anda tidak bisa memilih ukuran gambar, namun hanya bisa mengunduh dengan resolusi terbaik yang mereka sediakan. Oleh karena itu, jika terlalu besar maka perlu mengecilkannya secara manual melalui program grafis bitmap seperti PhotoShop.

6. Freepik

Bagi para desainer grafis, situs Freepik pasti sudah tidak asing. Di situs ini terdapat banyak materi desain mentah yang berkualitas tinggi. Termasuk gambar vektor, yang mana tidak akan pecah diubah ukuran ke ukuran berapapun. Lalu tersedia juga foto-foto resolusi tinggi meskipun tidak sebanyak Pexels dan Stockvault tadi. Di situs ini tersedia file gratis dan berbayar (premium).

7. 1001Font

Biasanya di komputer secara otomatis sudah tersedia banyak font, namun kadang-kadang semua font tersebut tampak membosankan. Untuk itu, Anda bisa mengunjungi situs penyedia font, salah satunya adalah 1001Font. Di situs ini Anda bisa memilih beragam font untuk membuat presentasi semakin menarik. Selain untuk presentasi, situs ini cocok untuk membuat desain buku dengan font yang unik.

8. DaFont

Seperti halnya 1001Font tadi, DaFont merupakan situs penyedia macam-macam font. Dan di situs ini, Anda juga bisa mengunggah font untuk bisa digunakan orang lain. Kelebihan lainnya yaitu, DaFont bisa menampilkan sampel preview per huruf atau kata dengan mengetikkannya di form dan kita bisa melihatnya sebelum mengunduh secara keseluruhan.

Penutup

Bagaimana dengan situs-situs elemen grafis di atas? Apakah sudah cukup untuk membantu memenuhi kebutuhan Anda untuk membuat tampilan presentasi menjadi menarik? Tentu yang di atas tersebut hanyalah beberapa dan masih banyak lagi situs lainnya. Tetapi situs-situs tersebut biasanya sudah cukup untuk membuat presentasi yang menarik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here