Materi promosi yang biasa digunakan untuk pameran dagang dan di tempat pembelian (toko) adalah stand banner. Beberapa jenis stand banner tersedia di pasaran dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah X-Banner, yang memiliki ciri berupa penyangga berbentuk X di belakangnya. Stand ini biasanya berbasis alumunium dan ringan. Pemasangannya dengan melubangi bahan banner dan mengaitkannya ke 4 sudutnya. Lalu bisa diletakkan di lantai dan ditampilkan dengan vertikal. Dengan teknik desain x banner yang menarik, alat promosi sederhana ini dapat memberikan manfaat yang besar.

Teknik Desain X Banner

Di bawah ini merupakan beberapa teknik desain x banner yang mungkin bisa diterapkan untuk membantu materi promosi Anda dapat terlihat lebih menarik. Sebetulnya tidak jauh beda dengan teknik desain di materi lainnya, namun ada beberapa aspek yang perlu ditekankan untuk membuatnya tampak menarik.

1. Letakkan Logo Di Paling Atas

Jika branding adalah proritas utama, maka logo perlu diletakkan di bagian paling atas. Setelah itu, baru konten-konten lainnya bisa diisi dibawahnya.

2. Buat Headline Yang Jelas

Untuk bisa menarik perhatian mata audiens ketika di ruang publik, maka perlu menggunakan headline yang menarik dan jelas. Yang biasa pertama kali diperhatikan orang adalah headlinenya, lalu jika bagian ini menarik, baru mereka melanjutkan memperhatikan bagian lain, yaitu isi.

Untuk mendapatkan headline yang jelas, maka bisa dibuat dengan huruf yang besar dan tebal. Dengan begitu, tulisan bisa dibaca dari jarak jauh yang wajar. Kendati demikian, penulisannya harus singkat dan mudah dipahami. Lalu usahakan untuk diletakkan setinggi mata.

3. Tidak Terlalu Banyak Konten

Desain x banner yang terlalu banyak konten akan mengalihkan perhatian orang setelah mereka melihatnya. Biasanya orang tidak memiliki terlalu banyak waktu untuk melihat-lihat iklan. Oleh karena itu, supaya pesan bisa disampaikan. Maka jumlah konten yang dimasukkan, baik itu gambar ataupun teks, keduanya perlu dioptimalkan. Ketika memasukkan konten pun bisa diatur, supaya konten yang lebih utama ditampilkan lebih ke atas, karena kebanyakan orang biasanya melihatnya dari atas ke bawah.

4. Taruh Rincian Kontak Berposisi Di Bawah Saja

Rincian kontak sangat penting untuk memastikan orang bisa terhubung dengan perusahaan. Beberapa yang bisa disertakan antara lain adalah situs web perusahaan, nomor telepon, dan alamat email. Supaya menarik, bisa dibuat dengan ikon-ikon saja. Namun Rincian kontak umumnya hanya dilihat jika orang tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Untuk itu sebaiknya ditaruh di yang paling bawah saja.

5. Warna Desain X Banner Serasi Dengan Lingkungan

Karena stand ini diletakkan di suatu tempat, maka akan memengaruhi nuansa lingkungan tersebut. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan dominasi warna yang dipakai dengan yang sesuai atau cocok dengan lingkungan. Hal ini juga memiliki dampak positif supaya bisa memperindah lingkungan sekitar, bukan malah mengacaukannya. Namun untuk mencapai hal ini, Anda perlu meninjau lokasi pemasangan secara langsung.

6. Pakai Gambar Berukuran Besar & Hi-Res

Gambar yang bagus bisa dimasukkan ke desain untuk mendukung visualnya supaya lebih menarik. Tentu gambar tersebut harus relevan. Gambar juga sering bisa dimanfaatkan untuk menarik perhatian pembaca, yaitu dengan memasukkan gambar yang unik, mudah diingat, dan bisa berlama-lama di benak pembaca. Namun jika tidak memiliki gambar yang demikian, maka bisa juga menggantinya dengan tipografi huruf yang besar dan unik.

7. Penekanan pesan yang disampaikan

Di samping semua keindahan desain, yang harus tetap dipertahankan adalah penyampaian pesan. Bahkan pesan bisa ditampilkan lebih dari satu kali untuk menekankannya, atau memusatkannya dari unsur desain lain di sekitarnya.

Pesan ini bisa meliputi beberapa hal, di antaranya adalah. Apakah untuk menekankan merek, menjual produk, atau tindakan khusus lainnya. Dengan demikian, desain perlu dibuat dengan orientasi mengajak atau bertindak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here