Daripada sekadar menggunakan kertas kosong standar, Kop surat perusahaan bisa dibuat berbeda untuk mendukung keberhasilan branding. Dengan desain yang tepat, kop surat perusahaan bisa bertindak sebagai alat pendukung branding yang memiliki perluang untuk terlibat dengan merek sambil menunjukkan kredibilitas materi promosi bisnis.

Termasuk ketika berinteraksi dengan pelanggan baru, kop surat bisa memperkuat identitas perusahaan untuk lebih mudah dikenali. Untuk itu, di samping desain yang bagus, perlu menetapkan perincian informasi perusahaan dengan jelas. Dengan begitu, kop surat menjadi multifungsi. Berikut adalah tips desain kop surat perusahaan.

1. Sederhana Namun Pas

Hal paling dasar untuk desain kop surat perusahaan adalah kesederhanaan. Karena fungsi utamanya untuk menyampaikan data. Materi ini tidak perlu dibuat dengan tampilan yang menarik perhatian dan tidak perlu banyak unsur desain, melainkan harus dibuat untuk tetap memiliki ruang kosong untuk mengisi atau mencetak isi di atasnya. Dengan demikian, warna pada kop surat perlu dihemat.

2. Gunakan Software yang Tepat

Adobe PhotoShop bukanlah satu-satunya software desain grafis, masih banyak software lainnya yang juga bisa digunakan. Misalnya adalah Adobe Illustrator, Adobe InDesign, dan Corel Draw.

Jika dibandingkan menggunakan Microsoft Word, dengan software-software grafis tersebut, desain bisa dilayout dengan posisi yang simetris dan pas dengan mudah. Gambarnya pun bisa diatur dengan resolusi 300 DPI. Namun tidak demikian dengan Microsoft Word, Excel, dan sejenisnya, mereka sangat terbatas untuk hal semacam ini. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan software desain grafis.

3. Perincian Informasi Penting

Berikut adalah informasi penting yang bisa disertakan pada kop surat perusahaan.

A. Logo perusahaan

Dengan software grafis tadi, logo perusahaan bisa dibuat atau diatur dengan resolusi 300 DPI dan dengan mode warna CMYK. Mode CMYK ini penting supaya hasil cetaknya bisa sesuai atau mendekati dengan warna asli branding perusahaan. Selain itu, logo juga perlu dibuat proporsional, tidak terlalu besar, dan tidak terlalu kecil.

B. Nama perusahaan

Jika logo perusahaan sudah menampilkan lengkap dengan nama perusahaan, bagian ini bisa ditinggalkan. Namun jika mungkin logo perusahaan hanya gambar atau teks singkatan dari nama perusahaan, maka nama lengkapnya perlu dimasukkan untuk memaksimalkan penyampaian informasi.

C. Perincian kontak

Perincian kontak ditujukan supaya jika sewaktu-waktu konsumen atau vendor ada kepentingan tertentu, bisa dengan mudah menghubungi perusahaan. Kontak ini bisa meliputi alamat perusahaan, nomor telepon, alamat email, dan alamat situs web resmi. Lalu supaya bisa tampak menarik, maka bisa menggunakan icon-icon daripada mengetiknya secara menyeluruh. Di samping itu, Anda bisa memilih apakah akan meletakkannya di header atau footer.

Dalam memasukkan informasi-informasi di atas, posisinya bisa diurutkan sesuai kebutuhan supaya mudah diakses.

Perincian Informasi Penting Kop Surat

04. Mewakili merek

Desain kop surat perusahaan bisa diatur supaya dapat mewakili merek bisnis atau perusahaan. Yaitu dengan mengatur skema warna dan tipografi yang tepat. Perataan dan penentuan posisinya pun bisa diatur dengan ciri khas desain perusahaan yang biasa dibuat. Jika itu terapkan, maka orang melihat kop surat menjadi sangat mudah untuk mengenalinya.

05. Tambahkan efek khusus

Jika memiliki bujet yang mencukupi, Anda bisa menambahkan efek khusus pada desain Kop surat. Seperti efek Spot UV, Emboss, Deboss, Poly Emas, dan Poly Silver. Efek-efek tersebut bisa menimbulkan visual yang mengesankan pada materi bisnis.

Emboss Kop Surat

Kesimpulan

1. Kop surat merupakan bagian dari paket materi bisnis perusahaan yang bisa  dimanfaatkan untuk mendukung pengembangan merek, di samping kartu nama, selebaran, dan materi bisnia lainnya.

2. Desain yang tepat merupakan desain yang bisa menyampaikan pesan yang kuat dan mampu mencerminkan bagaimana orang lain memandang bisnis perusahaan.

3. Desain kop surat perusahaan yang tepat dapat menentukan pesan, apakah itu fokus pada penjualan, ucapan, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here