Jangan meremehkan waktu yang diperlukan untuk persiapan hari besar Anda. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan, termasuk anggaran. Salah satunya dalah undangan pernikahan yang menentukan orang-orang yang diinginkan hadir pada acara pernikahan Anda. Tidak heran jika orang-orang menghabiskan banyak waktu untuk memutuskan apa yang akan masuk ke dalam Desain Undangan Pernikahan mereka.

Desain undangan pernikahan dapat dikustom sesuai dengan gaya Anda dan sepenuhnya dapat disesuaikan. Undangan ini menyimpan beberapa rincian penting dalam acara, sehingga perlu dibuat elegan dan unik.

Mencari Inspirasi

Mulai saja dengan mencari inspirai desain undangan pernikahan dari platform media sosial, situs web, atau vendor percetakan Anda. Supaya mendapatkan ide, gambaran, atau inspirasi apapun yang yang unik dan membantu.  Semakin banyak inspirasi, semakin banyak yang bisa dituangkan.

Memilih Tema Tampilan

Sebagian besar desain undangan pernikahan terbagi dalam beberapa gaya berbeda, yaitu tradisional dan elegan, sederhana dan minimalis, modern dan cerah. Pilihan lain adalah berbasis foto.

Namun yang terpenting adalah tema visual dengan warna dan gambar paling pas bagi pasangan. Setiap rincian dapat dimasukkan, lokasi, jumlah tamu, dan formal atau tidak. Hal tersebut perlu dimasukkan supaya membantu para tamu yang akan datang.

Gunakan Tipografi Yang Indah

Jenis tipografi adalah fitur umum pada desain undangan pernikahan. Script, kaligrafi, atau font tulisan tangan adalah pilihan yang bagus. Karena undangan memiliki ruang teks yang terbatas. Misalnya dapat dengan mengkombinasikan tipografi yang indah, dengan serif atau sans serif untuk mengoptimalisasikan kesimbangan teks.

Informasi Umum

Informasi umum yang harus dicantumkan pada desain undangan pernikahan adalah sebagai berikut.

1. Siapa yang akan menikah?

2. Kapan acara dilangsungkan?

3. Di mana lokasinya?

4. Formal atau tidak?

5. Informasi keterangan lebih lanjut

Tidak perlu memasukkan terlalu banyak informasi ke dalam kartu, karena bisa membuatnya canggung dan berantakan pada desainnya. Yang terpenting adalah mudah dikenali dan mampu memandu para tamunya ke tempat acara dengan tepat waktu.

Template Desain Undangan Pernikahan

Menggunakan template desain undangan pernikahan bisa menjadi cara yang bagus untuk memulai desain dan memberi gambaran mengenai gaya seperti apa yang paling cocok bagi pasangan.

Template juga rekomendasi bagi mereka yang tidak terbiasa mengerjakan proyek desain, karena template banyak tersedia di internet dengan mencakup ukuran standar dan elemen-elemen, bahkan penyesuaian warna CMYK yang sudah diatur dengan baik.

Namun menggunakan template desain undangan pernikahan bukan berarti Anda tinggal memasukkan nama dan tanggal dan jadi dalam sekejap. Tetapi perlu dikustomisasi. Ubah warna dan tipografi, atau kustom ulang elemen sesuai dengan kebutuhan. Dan jadikan desain undangan pernikahan Anda menarik.

Buat Amplop

Undangan bukan harus kartu saja, dapat ditambahkan Amplop sebagai bungkus. Buat amplop yang sesuai dengan tema dan warna pada kartu undangan. Pertimbangkan bagian amplop seperti halnya undangan.

Pilih Kertas Berkualitas

Undangan tidak akan istimewa jika hanya dicetak dengan kertas biasa, seperti HVS, Art Paper, dan Matt Paper. Banyak stok jenis kertas berkualitas tinggi dengan gramasi berat yang dapat digunakan. Contohnya Linen dan Jasmin. Undangan akan terlihat lebih baik dan menyentuh.

Bentuk Dan Ukurannya

Anda dapt menggunakan ukuran standar ataupun kustom. Bentuk dapat dibuat persegi atau bundar. Apapun itu, yang penting tidak terlalu besar, karena akan meningkatkan biaya dan juga sulit dibawa ketika mengirimkan ke orang-orang. Warba gelap dengan background gelap atau warna terang dangan brightness dapat membuat kebosanan.

Jadikan Lebih Mewah

Setelah selesai mendesain. Pada proses produksi bisa ditambahkan Spot UV, Emboss, atau Poly supaya undangan lebih mewah.

Pada umumnya pernikahan sepenuhnya disesuaikan dengan tren yang sedang berkembang. Sementara membuat undangan khusus mungkin terlihat seperti proyek yang cocok untuk pengantin dari kalangan tertentu. Namun sebenarnya untuk membuat desain undangan pernikahan adalah hal yang sederhana daripada kelihatannya. Dengan desain grafis, jenis kertas, dan produksi cetak bisa menjangkau semua orang untuk dapat membuatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here