Niche market adalah target atau segmen pasar yang cukup spesifik dari bagian pasar yang lebih besar. Dapat diartikan juga sebagai cara untuk menemukan keunikan pasar dan kita mencari cara bagaimana produk kita bisa diterima pasar dengan baik. Misalnya tas untuk perempuan memiliki segmen yang berbeda –  beda, ada tas prempuan untuk sekolah, tas perempuan untuk bekerja, tas perempuan untuk jalan – jalan. Nah itu merupakan bagian dari niche market. Berikut dalam artikel ini akan dibahas mengenai tips memilih niche market yang tepat serta keuntungannya.

Tips Memilih Niche Market Saat Memulai Usaha
sumber : medium.com

Keuntungan Melakukan Niche Market:

  • Meningkatkan relasi dengan customer. Jadi produk anda akan dijual ke orang dengan market yang kecil. Market yang kecil ini memiliki keuntungan yang bermacam-macam. Salah satunya adalah meningkatkan relasi dengan customer dengan kebutuhan tertentu. Dan semakin sedikit dan spesifik orang yang anda target, maka anda akan semakin mudah fokus membuat interaksi yang berkualitas dan menjaga relasi dengan customer.
  • Mengurangi kompetisi, memasarkan produk atau jasa yang sangat spesifik membuat anda akan berhadapan dengan kompetisi yang punya penawaran yang sama. Semakin “spesial” produk yang anda jual, maka akan semakin sedikit bisnis yang berkompetisi mengejar market itu.
  • Iklan dari mulut ke mulut, dengan niche marketing itu artinya anda secara tidak langsung menciptakan peluang dari market yang sangat spesifik dan senang berdiskusi dengan orang dengan karakteristik yang mirip. Misalnya anda menjual produk yang menyasar khusus kepada penyuka klub sepak bola Milan, besar kemungkinan customer Anda juga berinteraksi sesama fans Milan. Jika produk anda dibeli dan mereka puas, maka mereka besar kemungkinan juga akan memberitahukan temannya.

Tips Memilih Niche Market:

Identifikasi Ketertarikan Dan Kesukan

Tips pertama adalah dengan melakukan identifikasi ketertarikan dan kesukaan. Anda harus mencari tahu apa yang menjadi ketertarikan Anda dan kesukaan Anda, hal ini dilakukan agar dapat membuka jalan dalam menemukan niche market anda.

Produk Atau Layanan Yang Unik

Menjual barang tanpa pesaing akan jauh lebih mudah dibandingkan banyak pesaing. Jadi anda harus mampu menghasilkan ide bisnis yang unik, sehingga akan memudahkan anda kemudian hari. Contohnya Go-jek menawarkan jasa – jasa yang dapat mempermudah anda hanya dengan mengoperasikan aplikasi Go-jek pada ponsel Anda.

Pastikan Dapat Memberi Keuntungan

Jika Anda sudah menemukan produk atau layanan apa yang ingin Anda jalankan, maka langkah selanjutnya adalah perlu untuk menemukan atau mencari tahu keuntungan yang bisa didapat dari ide tersebut. Jika produk atau layanan anda memiliki kompetisi yang sejenis, maka cobalah untuk membandingkan dengan kompetitor.

Lakukan Uji Coba Pada Ide

Langkah terakhir adalah dengan cara melakukan uji coba pada ide produk atau layanan Anda. Salah satu yang termudah adalah dengan menyediakan laman situs untuk melakukan untuk melakukan pemesanan produk atau layanan. Jangan berkecil hati jika tidak ada atau tidak mendapatkan antusiasme yang diharapkan. Jangan menyerah pada satu percobaan.

Nah, itu lah beberapa keuntungan jika Anda menerapkan hal tersebut pada bisnis. Namun Anda perlu melakukan atau mengikuti tips yang tepat agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Karena hal tersebut sangat menentukan keberlangsungkan bisnis. Sekian artikel kali ini mengenai tips memilih niche market yang benar untuk bisnis anda, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang ingin membangun bisnis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here