Bagi sebagian orang, jasa cuci pakaian atau bisnis laundry memang terkesan tidak menggiurkan. Tapi dengan semakin menjamurnya usaha serupa, ini menjadi bukti bahwa laundry masih sangat menjanjikan hingga saat ini. Terutama untuk Anda yang tinggal di kota besar. 

Bagi kaum urban dengan ritme aktivitas yang serba cepat, mencuci pakaian tidak lagi menjadi bagian dari rutinitas. Kesibukan bekerja membuat mereka tidak lagi punya waktu untuk mengurus hal-hal kecil di rumah. Inilah yang kemudian dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memulai usaha laundry kiloan. Selain harganya yang bervariasi, beragam penawaran yang diberikan membuat orang beramai-ramai memanfaatkan jasa ini.

 

Kenapa Bisnis Laundry Masih Menggiurkan?

Jika Anda sedang mencari ide bisnis namun masih bingung memilih usaha apa yang cocok, memulai usaha laundry kiloan bisa jadi opsi yang layak dicoba. Mengapa sampai sekarang laundry kiloan masih sangat diminati?

 

1. Bisa dilakukan oleh siapa saja

Mencuci baju adalah aktivitas harian yang hampir semua orang bisa melakukannya. Untuk Anda yang ingin menjadikannya sebagai ladang bisnis, tidak perlu skill yang tinggi atau kursus khusus. Asal Anda punya lokasi usaha dan peralatan yang memadai, Anda sudah bisa memulai usaha laundry sendiri.

 

2. Tidak perlu modal besar

Jasa cuci pakaian adalah salah satu jenis usaha yang banyak dilakukan orang di rumah. Karena itu, modalnya juga relatif kecil. Dengan dana Rp10 juta hingga Rp20 jutaan, berbagai peralatan usaha seperti mesin cuci dan setrika uap bisa Anda dapatkan. Untuk modal tenaga kerja, Anda juga tidak memerlukan banyak karyawan karena hampir semua pekerjaan bisa diselesaikan dengan menggunakan mesin.

Baca Juga : 5 Peluang Bisnis Dengan Modal Rp 1 Juta, Berani Coba?

 

3. Konsumen cenderung bertambah

Salah satu alasan kenapa bisnis ini menjanjikan adalah peluang yang ditawarkannya. Tingkat ekonomi serta aktivitas harian masyarakat perkotaan yang semakin tinggi membuat mereka tidak punya waktu lagi untuk mencuci baju sendiri. Jasa laundry adalah opsi yang terjangkau dan praktis dibanding harus menyewa asisten rumah tangga yang kerap bermasalah dan tarifnya yang mahal.

Konsumen yang bisa menjadi target bisnis Anda pun beragam. Mulai dari ibu-ibu rumah tangga yang bekerja, mahasiswa, para pekerja kantoran hingga pekerja proyek. Dengan pelayanan yang memuaskan, tingkat repeat order akan semakin besar dan pelanggan Anda pun akan semakin bertambah.

 

4. Harga perlengkapan usaha laundry cenderung semakin makin murah

Semakin tingginya tingkat persaingan membuat produsen mesin cuci dan peralatan laundry berlomba-lomba menawarkan produk dengan kualitas terbaik dengan harga yang semakin murah. Ini adalah kesempatan emas bagi Anda mendapatkan perlengkapan yang mumpuni untuk menciptakan usaha laundry skala besar.

Baca Juga: Sedang Memulai Usaha Laundry? Wajib Punya 7 Peralatan Laundry Ini!

 

Tips Sukses Berbisnis Laundry Kiloan dari Nol

Selalu ada awal untuk segala hal termasuk usaha laundry yang ingin Anda rintis. Walaupun Anda belum punya pengalaman sama sekali, beberapa trik berikut ini bisa membantu Anda untuk memulai usaha dari nol hingga meraih kesuksesan. Apa saja?

 

1. Ketahui Teknik Mencuci yang Baik

Karena dalam usaha laundry yang Anda jual adalah jasa, maka penting untuk mengetahui bagaimana memberikan layanan yang berkualitas bagi pelanggan Anda. Selain proses mencuci yang benar dan tepat, Anda juga harus memilih sabun dan pewangi berkualitas. Anda juga harus memahami bahwa ada jenis-jenis kain tertentu yang memerlukan penanganan khusus seperti kain batik, kain jas dan kain kebaya. 

Setelah semua selesai dicuci, pastikan pakaian disetrika dan dilipat dengan baik. Setelahnya, kemas pakaian dalam pembungkus plastik agar memudahkan pelanggan ketika akan mengambilnya.

 

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam bisnis apapun, pemilihan lokasi adalah hal yang krusial. Tidak terkecuali bagi Anda yang ingin menjual jasa cuci pakaian. Jika usaha laundry yang hendak dibuka masih skala kecil dengan target masyarakat sekitar, Anda bisa membuka usaha langsung di rumah.

Namun jika skala usaha yang Anda incar lebih besar, menyewa ruko di area yang strategis adalah trik jitu untuk segera mendapatkan banyak pelanggan. Beberapa lokasi yang paling cocok untuk membuka usaha laundry antara lain adalah dekat daerah perkantoran atau hunian karyawan, dekat kontrakan atau area kost mahasiswa, kawasan industri dan komplek perumahan.

 

3. Melakukan Survei Lapangan

Ketika sudah menentukan di mana lokasi bisnis Anda, hal yang tidak boleh dilewatkan adalah melakukan survei kecil-kecilan. Selain untuk mengetahui tingkat persaingan, Anda juga harus tahu secara umum bagaimana pola konsumsi masyarakat di area tersebut.

Agar bisnis tidak kesulitan menarik minat pelanggan, pastikan tingkat kompetisi di daerah tersebut tidak terlalu tinggi. Ketika Anda memilih lokasi yang sudah banyak penyedia jasa laundry-nya, kemungkinan besar Anda akan kesulitan menarik pelanggan. Apalagi biasanya orang-orang sudah terlanjur percaya pada jasa yang lebih dahulu mereka gunakan.

Temukan lokasi dengan tingkat persaingan sedang dan masyarakat yang memiliki pola konsumsi tepat. Dengan begitu, usaha laundry Anda bisa berjalan dengan baik dan menguntungkan.

 

4. Menghitung Modal dan Tarif  Layanan dengan Cermat

Setelah persiapan awal selesai, saatnya memperhitungkan modal. Jumlah yang dibutuhkan biasanya tergantung skala bisnis yang direncanakan. Untuk usaha laundry rumahan, Anda mungkin hanya perlu satu buah mesin cuci dan setrikaan saja. Semakin besar rencana bisnis Anda, semakin banyak juga unit mesin cuci dan peralatan yang harus disiapkan.

Selain modal berupa alat, karyawan juga merupakan bagian yang penting dari operasional usaha yang akan dijalankan. Berapa orang pegawai yang Anda butuhkan dan berapa gaji yang hendak ditawarkan? Setelah melakukan penghitungan dengan cermat, barulah Anda bisa menetapkan berapa tarif jasa cuci yang Anda kenakan per kilonya.

Selain pertimbangan modal dan biaya operasional, penetapan harga juga harus memerhatikan kondisi pasar di sekitar. Jangan menetapkan harga terlalu tinggi dibanding kompetitor tapi jangan pula memasang tarif terlalu rendah karena itu bisa merugikan bisnis Anda.

 

5. Lakukan Promosi yang Menarik

Pelanggan tidak akan datang kalau tidak diundang. Karena itu, melakukan promosi untuk memperkenalkan bisnis Anda sangat penting dilakukan. Selain lewat papan nama di bagian depan toko dan promosi dari mulut ke mulut, manfaatkan juga brosur dan selebaran untuk disebarkan ke penduduk sekitar.

Media promosi lain yang juga patut Anda coba adalah dengan beriklan di koran lokal. Selain biayanya yang terjangkau, langkah ini biasanya efektif mendatangkan pelanggan baru. Jangan lupa juga buatkan media sosial untuk usaha laundry Anda agar semakin dikenal publik.

Selain berpromosi, strategi pemasaran yang kreatif juga harus dikerahkan. Anda bisa memberikan diskon untuk pencucian lebih dari 10 kilogram atau memberikan kupon yang nantinya dapat ditukar dengan beragam hadiah menarik. Langkah ini cukup jitu untuk mempertahankan pelanggan agar terus menggunakan jasa laundry Anda.

 

Membuka bisnis apapun memang memerlukan keberanian dan ketekunan. Termasuk saat Anda hendak memulai bisnis laundry kiloan dari nol. Lewat perencanaan yang matang dan strategi yang tepat, usaha apapun yang dilakukan akan membuahkan keuntungan seperti yang Anda harapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here