Apakah Anda adalah pelaku bisnis yang memasarkan produk atau jasa secara online? Apakah Anda kesulitan membuat produk atau jasa di toko dilirik calon pembeli? Jika hal tersebut terjadi, Anda tidak sendirian. Ada banyak usaha online yang mulai tergerus akibat kehadiran marketplace. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena kami akan menjabarkan cara meningkatkan penjualan online Anda.

Bertambahnya persaingan datang dari peluang yang diberikan oleh internet. Hal ini menjadi alasan menurunnya omzet penjualan. Agar usaha Anda tetap bisa bersaing secara sehat di internet, ikuti langkah-langkah berikut ini:

 

1. Pilih Platform Situs Yang Tepat

Situs web adalah sebuah tempat yang mendefinisikan Anda dan produk. Itu adalah tempat Anda bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan. Hal tersebut tidak bisa diperoleh jika situs Anda sulit terdeteksi oleh peramban Google yang digunakan oleh sebagian besar pengguna internet.

Oleh karena itu, Anda membutuhkan platform yang mudah ditemukan oleh mesin pencari ini, seperti Blogspot dan WordPress. Belirus sangat merekomendasikan penggunaan platfrom WordPress untuk situs penjualan online anda dikarenakan WordPress adalah sebuah platform yang paling populer dan digunakan oleh lebih dari 30% pengguna internet. Jika situs Anda sudah diperkuat oleh salah satu platform tersebut, maka pelanggan dapat menemukan produk tanpa kesulitan.

Anda bisa membeli template WordPress premium di ThemeForest. Di website itu Anda bisa memilih berbagai jenis template yang sesuai untuk bisnis Anda, akan tetapi sebelum membeli perlu di perhatikan beberapa hal berikut ini sehingga anda tidak salah membeli:

    1. Review – Pastikan untuk melihat review terlebih dahulu, apakah ada informasi buruk yang perlu anda ketahui.
    2. SEO Friendly – Melihat template menarik membuat seseorang tertarik untuk membeli, akan tetapi harus dilihat apakah web tersebut memiliki fitur SEO Friendly, Platform yang memiliki SEO Friendly dapat dengan mudah di optimasi sehingga website anda dapat di cari oleh mesin pencari Google.
    3. Update – Sebuah Platform yang sering di update oleh pembuat platfom akan membuat website anda terbebas dari masalah.
    4. Harga – Cek harga sebelum membeli adalah sebuah keharusan, jika harga yang tertera belum cocok dengan kantong anda, mungkin bisa memilih platform lainnya yang lebih murah dan fitur yang lebih sederhana.

 

2. Gunakan Tema Situs Yang Profesional

Kepercayaan pelanggan bisa diperoleh dengan menggunakan tema situs yang terlihat profesional. Asal-asalan memilih tema situs akan membuat Anda terlihat main-main dengan usaha. Hal tersebut tentu berimbas pada nilai jual produk yang ikut menurun. Untuk itu anda dapat menggunakan tema situs yang disediakan di wordpress secara gratis atau anda bisa berinvestasi untuk menggunakan  jasa desain profesional untuk sebuah tampilan yang lebih profesional. Perlu diketahui bahwa konteks visual dalam desain web sangatlah penting untuk diperhatikan untuk penjual online.

Disamping itu, pastikan juga tema yang Anda pilih memiliki berbentuk sederhana dan bisa disesuaikan dengan gawai. Bentuk tersebut akan membuat proses loading menjadi lebih cepat. Menurut penelitian, pengguna internet akan meninggalkan situs yang loading-nya lebih dari tiga detik. Belum lagi, sebagian besar dari mereka menggunakan internet melalui gawai. Oleh karena itu, pastikan situs Anda bisa memanjakan para pengguna gawai ini.

 

3. Maksimalkan Strategi Content Marketing

Setelah memiliki situs, Anda bisa mengisinya dengan blog yang memiliki konten yang menarik yang isinya biasanya artikel artikel yang memiliki keterkaitan dengan produk yang anda jual. Anda juga bisa membuat beberapa artikel yang mempromosikan produk secara halus. Agar lebih efektif, anda harus mengoptimasi kata kunci yang berkaitan dengan bisnis anda dan menyisipkan kata kunci kedalam artikel. Kata kunci adalah kata-kata yang berkaitan langsung dengan bisnis yang anda jalankan, Sebabagai contoh jika anda ingin membuat toko online mainan, maka kata kunci yang tepat adalah “Mainan Anak“. Anda bisa memanfaatkan “Google Keyword Planner” dan “Ubersuggest” untuk membantu menemukan kata kunci terbaik.

Semua hal tersebut penting karena sebagian besar pengguna memanfaatkan internet untuk mempelajari sesuatu. Jika topik yang ingin mereka pelajari sama dengan artikel buatan Anda, maka strategi pemasaran sukses.

Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Konten Yang Berkualitas dan Menarik?

 

4. Gunakan Strategi FOMO

FOMO adalah kependekan dari “fear of missing out” yang berarti takut ketinggalan. Strategi ini sering dilakukan untuk mendapatkan penjualan sebanyak-banyaknya dari orang-orang yang gelisah jika mereka kehilangan kesempatan. Target pelanggan dari strategi FOMO adalah para pemilik Smartphone yang memiliki tingkat konsumsi tinggi dalam berbelanja online.

Strategi FOMO biasanya berupa diskon atau penawaran dengan waktu terbatas. Semakin pendek batas waktu yang ditentukan, semakin besar penjualan yang Anda dapatkan. Namun, pastikan pelanggan mengetahui batas waktu ini.

 

5. Manfaatkan Media Sosial

Beberapa media sosial seperti Instagram dan Facebook sering digunakan untuk memasarkan produk. Anda juga harus melakukannya! layaknya membangun sebuah website, dalam menggunakan Media Sosial, konten yang berkualitas adalah segalanya untuk mendapatkan pengunjung dan pembeli. Beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk membuat konten yang baik adalah

    1. Tema Konten – Tema adalah hal pertama yang perlu di pikirkan untuk melakukan promosi secara online. Sebuah tema yang kekinian akan mendatangkan pengunjung secara organik tanpa harus mempromosikannya. Untuk itu anda harus sedikit melakukan riset tema tema yang sedang trending.
    2. Image yang Berkualitas – Image yang bagus adalah keharusan untuk menjual barang secara online. Gambar makanan di buku menu restaurant mewah adalah gambaran yang sempurna untuk menunjukan betapa pentingnya kualitas gambar untuk promosi.
    3. Desain Template Yang Menarik – Image dengan resolusi yang tinggi akan semakin memberikan effek yang signifikan jika diberkan desain templat yang bagus. Untuk itu anda dapat menggunakan platform online gratis seperti canva.

Anda bisa membuat pos yang berisi testimoni pelanggan terkait kualitas produk dan pelayanan. Pastikan untuk meninggalkan informasi penting seperti Logo, Email, Nomor Telepon dan Alamat situs toko Anda juga di sana.

 

6. Gunakan Email Marketing 

Anda dapat menggunakan metode pemasaran melalui surel untuk memberi tahu tentang promosi, barang terbaru, dan informasi menarik seputar produk. Beberapa alasan kenapa email marketing penting untuk promosi online. 

    1. Murah dan Gratis – kita semua bisa membuka Gmail dan mendaftarkan secara gratis sekarang juga. Anda juga dapat mengirimkan banyak email kepada calon pelanggan tanpa membayar seperpun juga. Jika memungkinkan, gunakanlah email dengan domain sendiri sehingga terlihat profesional.
    2. Personal dan dapat dikustom – Email dimiliki secara personal oleh setiap orang. ketika mengirimkan sebuah pesan kepada pelanggan, mereka akan menerimanya secara pribadi. Oleh karena itu sebuah email dengan konten yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dapat menjadi jurus jitu promosi anda. Disamping itu, anda bisa mengkustom email tersebut dengan nama pribadi pelanggan anda.
    3. Aksi – Tujuan utama dari mengirimkan email adalah sebuah aksi dan respond pembaca. pembaca dapat membaca isi email, membalas, klik link yang tersedia, atau membagikannya kepada orang lain. Apapun aksi yang dilakukan pelanggan dapat meningkatkan promosi barang dan jasa anda.
    4. Hp Smartphone – Pesatnya teknologi smartphone membuat para konsumen dapat melihat email dengan cepat, terlebih jika pelanggan mengaktifkan fitur notifikasi pada HP nya. Aplikasi Gmail memungkinkan pelanggan memiliki lebih dari satu email dan tetap mendapatkan notifikasi pada aplikasinya. Hal ini membuat strategi menggirimkan email menjadi lebih relevan dan effektif.
    5. Kesuksesan Email Dapat Di Ukur – anda tidak perlu mengirimkan email satu satu kepada semua email list anda, akan tetapi menggunakan platform Email marketing Online seperti “Mailchimp” dan “kirim email” kedua platform ini dapat memberikan anda informasi siapa yang membaca, link apa yang di klik dan berapa banyak orang yang membaca email tersebut.

Mulailah dengan mengumpulkan alamat surel pelanggan di situs Anda. Setelah itu, Anda bisa mengirimi pelanggan surat elektronik satu atau dua minggu sekali. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa cara ini 40 kali lebih efektif daripada promosi melalui media sosial.

 

7. Aktif di Komunitas Online

Setelah semuanya telah dijalankan, Anda tidak berhenti di situ saja. Temukan komunitas-komunitas online di Facebook, Quora, Kaskus, Reddit, dan situs-situs terkait produk Anda. Komunitas tersebut menyajikan ide tentang masalah yang dihadapi konsumen, masukan, dan tren bisnis terbaru yang harus dicoba.

 

Jika Anda mengikuti semua langkah untuk meningkatkan penjualan online di atas, bisa dipastikan keuntungan akan bertambah dalam waktu dekat. Jangan lupa bahwa cara pembayaran yang sesuai adalah alasan penting seseorang membeli produk Anda sehingga menyediakan beberapa metode pembayaran akan membuat pelanggan anda nyaman dalam berbelanja online. Jika anda kesulitan untuk menjalankan semua metode yang ada, maka Anda bisa mencobanya satu atau dua teknik terlebih dahulu sehingga penjualan online Anda meningkat. Selamat mencoba dan salam sukses.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here